Pemkab Lam-Tim Sosialisasikan Pembinaan Pendidikan Keluarga dan Sekolah Ramah Anak - Pawarta Nusantara

Breaking

DESKRIPSI GAMBAR

PAWARTA TV

Wednesday, 27 February 2019

Pemkab Lam-Tim Sosialisasikan Pembinaan Pendidikan Keluarga dan Sekolah Ramah Anak


PAWARTANUSANTARA.COM | Marga Sekampung - Dinas pendidikan dan kebudayaan koordinator wilayah bidang pendidikan Kecamatan Marga Sekampung menyelenggarakan sosialisasi Pembinaan Pendidikan Keluarga (BINDIKEL) dan Sekolah Ramah Anak, kamis (28/02/2019).

Sosialisasi ini di hadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, H.Marsan S.Pd.MM yang mewakili Bupati Lampung Timur,  dr.Jihan Nurlela selaku Narasumber dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Lampung Timur, Irawan SE Camat Marga Sekampung, Brigpol mewakili Kapolsek Marga Sekampung, Widodo Kepala Desa Purwosari, Dwi Astuti Koordinator Wilayah Pendidikan Marga Sekampung, Kepala Sekolah dan dewan guru  dari tingkat Pendidikan Usia Dini (PAUD) sampai tingkat Menengah Atas serta tokoh masyarakat se Kecamatan Marga Sekampung.

Acara sosialisasi BINDIKEL kali ini diselenggarakan di 2 (dua) kecamatan, pertama di Kecamatan Marga Sekampung  yang diselenggarakan di Balai desa Purwosari, dan yang kedua diselenggarakan di kecamatan Sekampung Udik yang bertempat di Balai Desa Sidorejo. Dari Sosialisasi ini di harapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para pengawas, penilik,  kepala sekolah dan  guru serta orang tua wali  murid dalamembangkan karakter anak.

Dalam sambutannya saat hadir disosialisasi BINDIKEL di Desa Purwosari Marga Sekampung, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang mewakili Bupati Lampung Timur menghimbau dan menegaskan, "kepada seluruh jajaran Dinas Pendidikan dilingkungan sekolah mulai dari  kepala sekolah dan para dewan guru agar dapat mengantisipasi hal-hal yang dapat berakibat fatal bagi anak didik disekolah masing-masing, jangan ada lagi anak-anak kita yang keracunan makanan disekolah, jangan ada lagi pelecehan terhadap anak, jangan  ada lagi perbuatan buli sesama anak didik kita. Dan untuk para orang tua wali saya mengingatkan dan meminta, Pendidikan itu tidak seutuhnya didapatkan dari sekolah, namun orang tua dan keluarga sangatlah penting peranannya dalam membentuk karakter anak. Bimbingan dan pendidikan di keluarga mencerminkan karakter di lingkungan maupun nanti nya di kemudian hari setelah dewasa, karena itu pendidikan dalam keluarga sangat penting. hanya saja nampak nya peran orang tua ini terkadang terlupakan akibat kesibukan orang tua sehingga waktu dalam mendidik anak di keluarga menjadi berkurang", pungkas Marsan.

Narasumber acara BINDIKEL, dr.Jihan Nurlela dalam arahannya memaparkan banyak hal tentang pembinaan pendidikan keluarga harus mengedepankan tentang kesehatan anak. "Perhatian terhadap anak bukan dimulai saat anak sudah lahir ke dunia, namun perhatian terhadap anak dimulainya semenjak anak berada didalam kandungan. Selaku orang tua harus harus bisa menjamin kesehatan anak semasa dalam kandungan sampai pada masa anak menginjak usia remaja, karena itu ibu-ibu semenjak hamil harus rajin memeriksakan kandungannya ke bidan yang ada didesa masing-masing, serta mendapatkan asupan gizi yang cukup agar anak-anak kita selaku generasi penerus bangsa dapat menimba ilmu dan menggapai cita-citanya yang sudah didasari dengan memiliki fisik yang sehat", pungkasnya.

Dokter Jihan sebagai dokter muda yang diutus oleh  Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Lampung Timur sebagai narasumber untuk turut serta mensosialisasikan BINDIKEL lebih lanjut menyampaikan, "Kesehatan merupakan hal yang sangat penting, karenanya bagi bapak-bapak saya menghimbau, selaku kepala keluarga harus benar-benar dapat membina seluruh anggota keluarga untuk berprilaku hidup sehat. Perhatikan kebersihan lingkungan serta dapat memberikan makanan yang bernilai gizi cukup untuk istrinya yang sedang hamil dan anak-anaknya yang sedang dalam masa pertumbuhan. Dan tidak lupa saya menghimbau, agar komunikasi terhadap anak dapat terjalin dengan baik, orang tua harus peka terhadap perkembangan perilaku anak. Perkembangan teknologi saat ini berpengaruh besar terhadap perkembangan perilaku anak, jadi kita semua harus dapat menjaga dan melindungi anak-anak kita dari dampak negatif perkembangan teknologi yang bisa saja terjadi pada anak-anak kita", imbuhnya.(Rj Niti)

No comments:

Post a Comment