Tahun 2019 Dinas PKPP Pacitan Akan Bangun 659 Unit Perumahan Bagi Masyarakat - PAWARTANUSANTARA.COM

Breaking

PAWARTA TV

Monday, 25 February 2019

Tahun 2019 Dinas PKPP Pacitan Akan Bangun 659 Unit Perumahan Bagi Masyarakat


PAWARTANUSANTARA.COM | Pacitan - Pemerintah Kabupaten Pacitan dalam hal ini Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) merupakan salah satu komponen pembangunan daerah yang menangani serta merumuskan kebijakan bidang perumahan, permukiman dan pertanahan.

Seperti hal pengembangan dan penyehatan lingkungan permukiman di wilayah Kabupaten pacitan dengan beberapa progam, Seperti Program BPSP (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya), Program DAK (Dana Alokasi Khusus) dan Program dari APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) yang di peruntukan bagi masyarakat.

Hal tersebut seperti di sampaikan Sekretaris Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Pacitan Heru Tunggul Widodo yang mengatakan bahwa untuk program bedah rumah bagi masyarakat saat ini sudah memasuki perencanaan dan pemetaan lokasi yang akan di laksanakan program BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya) tersebut.

"Saat ini sudah memasuki perencanaan program tersebut dan tim sudah cek lokasi serta pemetaan untuk di laksanakannya program BSPS tahun 2019 untuk kabupaten pacitan ada sekitar 420 unit yang tersebar di 12 Kecamatan, Dengan dana RP 17,5 juta/unitnya, Dengan rincian adalah Rp 15 juta berbentuk bahan bangunan dan Rp 2,5 juta untuk ongkos pembangunannya"ujarnya saat ditemui pawartanusantara.com di ruang kerjanya, Senin (25/2/2019).

Lebih lanjut Heru menjelaskan, Selain program BSPS juga ada program DAK (Dana Alokasi Khusus) serta program dari APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah), Sementara untuk progaram DAK terdapat 185 unit rumah kumuh yang akan di bangun oleh Dinas Permukiman, Program tersebut khusus untuk di Kecamatan Pacitan saja. 

"Program DAK itu khusus untuk pemugaran Permukiman kumuh yang terdapat di Kecamatan Pacitan dengan rincian dananya adalah Rp 17.5 juta/unit, Rp 15 juta untuk bahan bangunannya sedangkan Rp 2,5 juta untuk ongkos pembuatannya,"jelasnya.

Sementara untuk program dari APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Kabupaten Pacitaan sebanyak 554 dengan perincian angarannya adalah Rp 12,5 juta/ unitnya dan semua akan di kerjakan pada tahun 2019 ini.

"Anggaran dari APBD untuk 554 tersebut dengan nilai Rp 12,5 juta namun untuk rinciannya sementara adalah Rp 10 juta untuk bangunannya sedangkan Rp 2,5 juta untuk ongkos, namun itu masih bersifat sementara,"tukasnya.

Dengan demikian program yang akan di laksanakan Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Pacitan pada tahun anggaran 2019 adalah sebayak 659 unit.(tyo)

No comments:

Post a Comment