BLANTERWISDOM101

Untuk Mengetahui Penyebab Robohnya Jembatan Banjarsari II, Tim Labfor Polda Jawa Timur Lakukan Identifikasi


PAWARTANUSANTARA.COM | Pacitan - Penyidikan penyebab robohnya jembatan Banjarsari II beberapa waktu lalu kini mendatangkan tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur, Bersama tim Tipikor serta Reskrim Polres Pacitan melakukan identifikasi di lokasi robohnya jembatan tersebut.

Tim Labfor yang berjumlah 7 (tujuh) orang melakukan olah TKP dengan mengidentifikasi kondisi konstruksi baja jembatan sepanjang 120 meter dengan berat 120 ton yang ambruk dan memakan korban.

Kepala Cabang Laboratorium Forensik Polda Jawa Timur Kombes Pol Ir.R. Agus Budhiarta mengatakan, Bahwa timnya saat ini sedang meneliti dan melakukan identifikasi terhadap kontruksi baja pada jembatan tersebut.

“Kami di minta oleh Polres pacitan untuk melakukan identifikasi robohnya jembatan yang baru jadi serta melakukan penelitian terhadap semua rangka baja dan kontruksi pada jembatan tersebut,"ujarnya saat di tanya awak media di lokasi robohnya jembatan, Kamis (7/2/2019).

Ditanya terkait penyebab robonya jembatan tersebut Agus Budhiarta belum bisa menyimpulkan apa penyebabnya, Karena harus di teliti serta di cek secara seksama dan untuk bisa mengetahui penyebabnya, Pihaknya akan bekerja sama dengan ITS Surabaya.

“Saat ini kita belum bisa memastikan apa penyebab ambruknya jembatan ini, Kita akan bawa dan di teliti semua barang bukti ke ITS Surabaya, Karena keterbatasan alat yang di miliki sehingga kita bekerjasama dengan ITS,"jelasnya.

Selam dua hari tim Labfor bekerja keras untuk melakukan indentifikasi semua bagian pada jembatan tersebut untuk di cek secara intensif agar bisa mengetahui penyebab runtuhnya jembatan gantung tersebut.

"Untuk melengkapi penyelidikan dan kita juga meminta keterangan para pekerja yang berada di lokasi saat musibah tersebut, Dan nanti jika sudah di ketahui apa penyebabnya kita akan laporkan ke Kapolres Pacitan,"pungkasnya.

Sementara itu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek pembangunan jembatan Banjarsari II dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Jawa Timur-Bali Sifa Udukha saat ditemui di lokasi belum bisa memberikan keterangan penyebab ambruknya jembatan tersebut.

"Kita masih menunggu hasil kajian teknis serta hasil dari Labfor,"jawabnya.(tyo)
Share This :

0 komentar