BLANTERWISDOM101

Kurang Dari 6 Jam, Polsek Membalong Ciduk Pelaku Pencurian Uang Belitung


PAWARTANUSANTARA.COM | Pelaku pencurian uang  diwilayah hukum Polsek Membalong, Polres Belitung belum sempat menikmati hasil curiannya lantaran tertangkap anggota Polisi dan warga. Sebelumnya Polsek Membalong menerima laporan Polisi tentang adanya tindak pidana pencurian uang di Desa Pulau Seliu, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Senin (25/3/2019) siang.

Setelah menerima laporan warga tersebut anggota Polsek Membalong yang terdiri dari Kanit Reskrim Bripka Romansa Adam, anggota Intel Brigadir Asrin, Bhabinkamtibmas Desa Pulau Seliu Bripka Agus Sautra serta Bhabinsa Pulau Seliu Serda Heriyansayh langsung menuju ke tempat kejadian perkara (TKP) di kediaman saudara RG di Pulau Seliu dan sekaligus menanyakan kronologi kejadian.

Dari hasil penyelidikan satuan Polsek Membalong dan keterangan korban, kejadian pada senin 25 Maret 2019 sekira pukul 04.30. wib dimana pelapor (Korban) ingin membuka toko seperti kegiatan rutin sehari –hari. Ketika melihat  laci tempat menyimpan uang sudah dalam keadaan terbuka korban merasa curiga dan langsung mengecek laci tersebut dan kaget sejumlah uang senilai 3.550.000, (Tiga Juta Lima Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) sudah tidak ada lagi berikut 6 (Enam) bungkus rokok merk Sampoerna.

Jelang beberapa waktu Polsek Membalong mendapati informasi bahw pihak desa telah melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan warga yang hendak bepergian menggunakan kapal menuju ke pelabuhan teluk gembira Desa Padang kandis, kecamatan Membalong. Dan mendapati ciri-ciri pelaku yang dicurigai, yaitu salah satu warga Desa Pulau Seliu, inisial (Is) membawa 6 bungkus rokok Sampoerna serta uang sejumlah Rp.3.550.000. 

Saat sedang dilakukan pemeriksaan inisial (Is) langsung melarikan diri kehutan-hutan Pulau Seliu. Setelah  (Is)  melarikan diri saat sedang diperiksa, pihak Kepolisian menduga kuat dan memperkuat bukti bahwa (Is) adalah pelakunya.  

Pelarian (Is) akhirnya kandas, setelah pihak Polsek membalong dibantu para warga sekitar melakukan penyisiran dan pencarian di daerah hutan-hutan Pulau Seliu. Sekitar pukul 14.15.wib (Is pelaku)  ditangkap dan diamankan anggota Polsek Membalong. 

Pelaku (Is) akhirnya mengakui perbuatannya dan membenarkan telah melakukan tindak pencurian di toko saudara RG dihadapan Polisi. Atas kejadian tersebut korban RG, mengalami kerugian Rp. 3.694.000, (Tiga Juta Enam ratus Sembilan Puluh empat ribu rupiah).

Kapolsek Membalong AKP  Ghalih Widyo Nugroho, SH,. Sangat mengapresiasi atas sinergi Polsek Membalong, Masyarakat,  Pemerintah Desa Seliu dan Bhabinsa dalam menindaklanjuti gangguan Kamtibmas yang terjadi (Pencurian). 

“Karena pada hakekatnya, keamanan itu bukan serta merta tanggung jawab Polri saja, akan tetapi menciptakan rasa  aman dalam masyarakat merupakan tanggung jawab kita semua. 

Oleh karena itu, saya berharap kerja sama antara komponen masyarakat dalam mewujudkan kamtibmas yang kondusif di wilayah Membalong. Khususnya, menjelang Pemilu serentak 2019 dapat kita jalin dengan baik, dan bahkan bukan hanya  di wilayah Seliu saja tapi, di desa-desa lain juga,” ungkapnya. (Marsidi)  

Share This :

0 komentar