BLANTERWISDOM101

Ada Apa Oknum Pegawai Kecamatan Waway Karya Diduga Gandakan E-KTP


PAWARTANUSANTARA.COM | Waway karya senin (1/4/2019), Alih-alih membantu warga mendapatkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) secara gratis, seorang oknum pegawai kecamatan Waway Karya Kabupaten Lampung Timur bernama inisial G diduga gandakan e-KTP warga.

Perbuatan sang oknum pegawai tersebut ada motifasi apa, apakah untuk menghimpun dukungan terhadap istrinya yang mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif di dapil 5 dari salah satu partai nomor urut 6?.

Hal ini terungkap dari hasil investigasi wartawan dilapangan, saat seorang warga dusun Sidareja desa Sidorahayu bernama inisial US menyampaikan bahwa ia kedatangan tamu yang mengantarkan sejumlah E-KTP dan contoh surat-surat suara atas nama caleg Sundari nomor urut 6 dari.

"Ada orang nganter KTP,  KTP apa, saya kan udah punya KTP, katanya disuruh nganter KTP dari caleg Sundari, lo siapa yang nyuruh bikin, saya kan nggak nyuruh, kan heran, sama ini, ya ini contoh surat suara", ucap US terheran-heran.

Setelah dihimpun informasi dari berbagai sumber, ternyata hal serupa dialami puluhan warga baik di desa Sidorahayu maupun di lain desa Sidorahayu yang jumlah E-KTP gandanya diduga mencapai ratusan.

Saat dikonfirmasi, oknum pegawai kecamatan Waway Karya yang menjadi operator dikantor kecamatan mengatakan, "niat saya hanya membantu warga, saya tidak menyuruh kepada relawan istri saya untuk mengarahkan warga untuk memilih istri saya, jika warga yang saya buatkan E-KTP tidak bisa terima, saya minta maaf, saya sadar bahwa ini salah", ucap oknum pegawai tersebut.

Sedangkan istri sang oknum pegawai yang juga sebagai calon legislatif dari  dapil 5 Kabupaten Lampung Timur inisial SNDR manepis dugaan keterlibatannya dalam kasus penggandaan E-KTP tersebut.

"Saya nggak tahu lo pak, itu suami saya, suami saya kan operator dikantor kecamatan. Dia memang sering membantu warga untuk membuatkan KTP", ucap SNDR.

Dilain Pihak, Camat Waway Karya Jarot Suseno berjanji akan melakukan pemanggilan dan meminta klarifikasi dari oknum pegawainya tersebut. "Mungkin ini Doble cetak, tapi saya akan meminta klarifikasi dari yang bersangkutan. Saya akan tanya apa sebenarnya motivasi yang bersangkutan", ucapanya.

Kepala Bidang Pengawasan dan Pembinaan DPD SPRI Provinsi Lampung, Ismail Saleh saat dikonfirmasi mengatakan, "Hal ini tidak bisa dibiarkan, sesegera mungkin ini akan dilaporkan pada pihak berwajib, agar kasus dugaan penggandaan E-KTP dapat segera terungkap. Kami menduga oknum pegawai kecamatan Waway Karya tersebut telah menyalahgunakan wewenang untuk menghimpun dukungan masyarakat terhadap istrinya sebagai calon legislatif, seyogyanya seorang keluarga calon legislatif dapat memberikan contoh yang baik bagi masyarakat dalam meraih simpati warga. Dan selayaknya pula, sebagai seorang pegawai kantor pemerintahan dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta tidak menggunakan jabatannya untuk kepentingan pribadi atau golongan. Jika nanti terbukti oknum pegawai tersebut telah melakukan tindakan yang menyalahi aturan, kami akan meminta camat Waway karya dan Bupati Lampung Timur segera melakukan pemberhetian  serta memberikan sanksi tegas kepada sang oknum pegawai. Dan ini salah satu komitmen kami untuk mendukung Pemilu 2019 Bersih, Aman dan Damai", ucapnya. (Team)
Share This :

0 komentar