BLANTERWISDOM101

Kata Siapa Belitung Tidak Bisa?

Wakil Bupati Belitung Isyak Maeirobie saat meninjau pabrik pengolahan plastik di Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung. Jum'at (26/4/2019.
PAWARTANUSANTARA.COM | Belitung- Wakil Bupati Belitung Isyak Maeirobi berkunjung ke Pabrik kampung Ilir di Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jum'at (26/4/2019), siang.

Dalam kunjungan tersebut Wakil Bupati meninjau pabrik pengolahan sampah plastik menjadi berbagai produk berbasis plastik.

Dikatakan Wakil Bupati Belitung Isyak  Maeirobie saat dirinya meninjau  pabrik pengolahan sampah plastik menjadi berbagai produk berbasis plastik dikampung Ilir Kecamatan Badau. Sampah botol dan gelas plastik masyarakat dihargai Rp.5.000 (lima ribu rupiah) per kilo.

"Kami mendorong desa desa bisa mempersiapkan BUMdesa nya dalam mengajak peran masyarakat mengumpulkan sampah plastik dilingkungan masing masing sambil mendapatkan kompensasi Rupiah," kata Isyak Maeirobie.

Dari sampah tersebut lanjut Isyak Maeirobie menambahkan, kemudian didaur ulang menggunakan mesin yang dibuat juga secara langsung di pabrik ini.

"Jadi di Pabrik ini terdapat dua industri dalam satu kawasan (industri manufaktur mesin dan industri daur ulang sampah plastik ," ungkapnya.

Sampah yang diolah dan didaur ulang tersebut kata Isyak lagi, pada akhirnya akan menjadi produk yang siap pakai.

"Salah satunya adalah seng plastik. Kini dalam waktu tidak lama lagi, masyarakat bisa membeli seng plastik dengan harga lebih terjangkau ketimbang seng buatan luar Belitung karena menghemat ongkos transportasi laut," imbuhnya.

Selain itu, tenaga kerja juga terserap disini. Mari terus bergerak untuk Belitung, tandasnya. (Marsidi)
Share This :

0 komentar