BLANTERWISDOM101

HUT Lampung Timur Ke-20 Dimeriahkan Festival Budaya Tradisional


PAWARTANUSANTARA.COM | Pugung Raharjo Jum'at (26/4/2019), Bupati Lampung Timur secara resmi membuka acara Festival Budaya Tradisional Taman Purbakala tahun 2019. Terselenggaranya acara Festival Budaya Tradisional Taman Purbakala yang pertama kalinya ini merupakan salah satu komitmen pemerintah Kabupaten Lampung Timur untuk memajukan dan mengenalkan secara  luas khasanah budaya dan situs-situs bersejarah yang ada di Kabupaten Lampung Timur khususnya yang ada di komplek Taman Purbakala Pugung Raharjo.

Kehadiran Bupati Lampung Timur kelokasi acara disambut dengan beragam tarian khas budaya adat Lampung Limo Migo, serta menariknya lagi Bupati yang akrab disapa mbak Nunik dinaikkan ke atas tandu hias khas  adat Lampung Marga Sekappung Udik Limo Migo. Dengan mengenakan pakaian khas adat Lampung, Bupati Lampung Timur yang bergelar Ratu Inten di arak oleh rombongan kirab budaya dari 24 Kecamatan khususnya dari rombongan kirab budaya Marga Sekampung Udik Limo Migo dan rombongan kirab budaya Keratuan Melinting, masyarakat adat, tokoh adat dan para penyimbang adat serta warga  masyarakat menuju lokasi acara yang bertempat di lapangan Desa Pugung Raharjo.


Beragam tarian seni budaya dan seni pencak silat dari masyarakat adat Sekappung Udik Limo Migo dan masyarakat adat Keratuan Melinting yang di tampilkan dalam memeriahkan acara Festival Budaya Tradisional Taman Purbakala kali ini sangat memukau dan menarik perhatian pengunjung. Dan khusus dihari pertama Festival Budaya Tradisional Taman Purbakala 2019 dan dalam rangka memperingati  Hari Hari Ulang Tahun Lampung Timur yang ke-20, pada hari ini tanggal 26 April 2019 telah dilaksanakan 8 kegiatan, diantaranya fun bike, jalan sehat, jelajah wisata cagar budaya, dan lain-lain.

Turut serta mendampingi Bupati Lampung Timur, Sultan Keratuan Melinting yang juga bergelar Sultan Ratu Idil Muhammad Tihang Igama IV Rizal Ismail, Ketua dan Tokoh Adat SSekappung Limo Migo, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lampung Timur Ela Siti Nuryamah, Forkopimda Lampung Timur, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur Syahrudin Putera beserta Asisten dan Staf Ahli, Para Kepala OPD, Kepala Bagian dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung, serta Tokoh adat dan Tokoh Masyarakat.

Dalam penyampaiannya Chusnunia Menjelaskan  "Sebenarnya festival ini bukan yang pertama tetapi dijadikan besar dan melibatkan banyak orang serta lebih beragam baru tahun ini, dan ini semua bisa karena kita dibantu oleh tokoh tokoh semuanya baik itu tokoh sekampung limo migo maupun dari melinting dan dari 24 kecamatan lainnya. Kalau komitmen soal keberlangsungannya, saya secara pribadi bisa memberikan komitmen saya untuk kegiatan festival, ini harus kita jaga bersama untuk terus berlangsung dan tadi kita sudah dengarkan bahwa semua tokoh mendukung dan tidak ada yang tidak mendukung karena ini bukan sekedar acara seremonial semata, acara ini efek positifnya jauh lebih kedepan jadi ini merupakan tanggung jawab bersama dan saya buktikan semua ikut bahu membahu dan membantu untuk kelancaran dan kesuksesan acara ini. Sudah saatnya Lampung Timur berbenah lebih baik dan juga lebih baik lagi dan seterusnya, intinya rakyat Lampung Timur sudah mau turun tangan, dan gotong royongnya semakin lama semakin tinggi serta semakin kompak ini patut kita syukuri capaian-capaian kita di usia Lampung Timur yang ke-20 tahun bukan berarti tidak ada lagi PR PR nya masih banyak sekali untuk mengingatkan kita agar dapat  menginventarisir PR-PR yang ada untuk diselesaikan. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau tidak sekarang kapan lagi", ucapnya.


Lebih lanjut pemilik sapaan akrab Nunik itu juga menyampaikan "Kemudian dimanapun saya berada insya Allah perihal pariwisata yang efeknya real saya memiliki kesempatan untuk mengusulkan festival mana saja di Lampung ini yang bisa dijadikan festival andalan di Lampung. Insya Allah secara komitmen pribadi saya akan memperjuangkan festival andalan dari Lampung Timur untuk jadi perhatian Provinsi Lampung, namun itu bukan hanya festival tetapi secara umum ketika saya mencalonkan diri di pilgub salah satu pendorongnya saya ingin berbuat yang lebih untuk Lampung Timur, karena saya sendiri terlahir di Lampung Timur".

Usai menyampaikan sambutannya dan membuka secara resmi Festival Budaya Taman Purbakala 2019, Bupati Lampung Timur memberikan penghargaan sarana budaya kepada ketua adat Sekappung Limo Migo dan ketua adat Keratuan Melinting, dan selanjutnya acara dilanjutkan dengan peninjauan bazar kuliner tradisional, stand agrowisata, pasar murah, donor darah, dan pameran budaya yang ada di lokasi acara. (ADV/reporter Rj Niti/Kominfo)
Share This :

0 komentar