DESKRIPSI GAMBAR  

PAWARTA TERHANGAT


 
BLANTERWISDOM101

Pantai Balongan, Pantai Dengan Seribu Cemara dan Gazebo


PAWARTANUSANTARA.COM | Rembang – Banyak wisata pantai yang ditawarkan beberapa pengelola untuk wisata, akan tetapi sedikit pantai yang menawarkan kedamaian dan sejuknya areal pantai yang biasanya panas. Salah satu pantai yang menawarkan kesejukan tersebut adalah pantai Balongan di daerah Kragan Rembang. Minggu(21/04/2019)

Pantai Balongan yang berada di Desa Balongmulyo  Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang ini berada lebih kurang 30 Km arah timur dari Kota Rembang atau lebih kurang 15  Km dari perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Akses yang begitu mudah dijangkau yaitu 200 meter dari jalur pantura Rembang – Tuban.

Dengan gapura yang begitu jelas dilihat menambah begitu mudahnya pengunjung untuk mencapai pantai ini. Akses jalan yang sudah diaspal menuju pantai membuat pengunjung semakin nyaman dalam menjangkau tempat wisata ini.

Konsep yang ditawarkan adalah kenyamanan bagi para pengunjung dengan ditanamnya lebih kurang seribu pohon cemara dan puluhan gazebo untuk memanjakan para pengunjung. Dengan tiket masuk yang sangat terjangkau, tempat wisata inipun dilengkapi dengan berbagai spot selfie, fasilitas parkir, gazebo, mainan anak-anak (rumah balon, ATV dll) serta warung yang berjajar dengan menawarkan berbagai menu. Salah satu menu yang banyak disukai pengunjung adalah  rujak petis.  Tidak seperti halnya rujak petis yang biasanya, akan tetapi rujak ini disesuaikan dengan menu lokal di daerah tersebut.


Selain itu tempat ini sering dipakai oleh komunitas untuk pertemuan – pertemuan seperti reuni sekolah atau pun reuni komunitas dengan konsep di alam terbuka.

Bahkan pada hari hari besar seperti Idul Fitri bayak pengunjung dari luar kota maupun dari luar propinsi yang memanfaatkan waktu beserta keluarga untuk menikmati sejuknya angin laut di bawah pohon semara ini.

Kepala Desa Balongmulyo Dhari yang mempunyai gagasan untuk mengembangkan wisata ini menuturkan  pantai ini mulai ditanami cemara tahun 2010 dengan melibatkan warga sekitarnya. Dengan berjalannya waktu dan penataan mulai berkembang sehingga mulai tahun 2016 perlahan pantai ini dikenal warga sekitar Rembang dan Tuban.

“ Kami memberdayakan warga untuk mulai mengkonsep pantai ini menjadi tempat wisata, alhamdulillah warga menyambut baik dan akhirnya mulai kita benahi sedikit demi sedikit sehingga pantai yang dulunya tidak  terawat menjadi pantai yang nyaman untuk dikunjungi,” Ungkapnya.

Dengan konsep yang  ditawarkan tersebut banyak pengunjung yang datang untuk melihat dan menikmati kesejukan angin pantai dibawah rindangnya cemara dan nyamannya gazebo yang ada di lokasi tersebut.
Salah satu pengunjung Bapak Soleh dari Pati yang datang bersama keluarganya mengatakan mengetahui keberadaan pantai ini dari informasi rekan-rekannya yang mengatakan pantai Balongan ini sangat sejuk dan sangat teratur dan rapi, berbeda dengan wisata pantai yang ditawarkan dari pengelola wisata pantai lainnya.

“ Akses jalan masuk yang dekat dari jalan besar, rindangnya cemara, dan banyaknya gazebo membuat nyamannya duduk duduk dan bersantai berserta keluarga maupun sahabat, apalagi dengan  adanya menu rujak petis yang membuat lidah semakin bergoyang,” Katanya.

Tidak heran dengan konsep yang ditawarkan ini rata-rata pengunjung mencapi 500 orang pada hari libur dan  200 orang pada hari hari biasa. Kedepannya pengurus pantai ini akan menambah beberapa fasilitas lainnya untuk melengkapi fasilitas yang sudah ada untuk memanjakan dan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. (sol)
Share This :

0 komentar