DESKRIPSI GAMBAR  

PAWARTA TERHANGAT


 
BLANTERWISDOM101

CV. TRUST, Abaikan KIP Terkait Proyek Dana Sumber APBD


PAWARTANUSANTARA.COM | Belitung Timur - Proyek pembangunan Ruangan Aula di TK Negeri Pembina Dendang, Desa Balok, kecamatan Dendang, Kabupaten Belitung Timur, diduga tidak sesuai spesiifikasi kontruksi serta abaikan keterbukaan informasi publik (KIP). 


Dikarenakan Proyek pembangunan Aula TK Negeri Pembina Dendang Tersebut berkesan menutupi dari Masyarakat dikarenakan Proyek Pemerintah yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Belitung Timur Tahun 2019 tidak adanya pemasangan papan nama pengumuman oleh pelaksana proyek, sesuai dengan prinsip transparansi anggaran.


Transparansi anggaran sudah menjadi keharusan dilaksanakan dalam menjalankan pekerjaan. Dan papan nama pengumuman pelaksana proyek harus di pasang diawal pengerjaan proyek tersebut.


Sukarno selaku kepala tukang di proyek tersebut saat di temui awak media ini (11/05/2019) di lokasi proyek tersebut mengatakan.


"Saya disini cuma kepala tukang pak, untuk Bos nya ada di Manggar dan kami baru sebulan bekerja.


"Memang menggunakan CV. TRUST pak memang proyek Penunjukan Langsung (PL). Dan selain disini ada juga dari CV ini sedang melakukan pengerjaan proyek Penunjukan Langsung (PL) di tempat lain, di kampit sudah selesai pengerjaan penyambungan pagar sekolah. Dan satu lagi di daerah Desa Dukong rehab SDN 6 Simpang pesak." Ucap Sukarno.


Saat awak media ini menanyakan papan nama pengumuman pelaksana proyek kepada sukarno sebagai kepala tukang yang bertanggung jawab dalam pengerjaan proyek tersebut.


"Ada pak tapi belum dipasang, itu saya simpan di gudang. Plang proyek itu sudah ada dari pertama proyek ini berjalan dan belum saya pasang." Ucap sukarno sambil berlari ke gudang matrial mengambil plang proyek tersebut.


Mengacu kepada aturan pengerjaan proyek Pemerintah, Papan informasi proyek wajib untuk dipasang, Aturan tersebut sudah jelas tertera dalam UU No. 14 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. 


Selain UU KIP, ada beberapa aturan lain yang mempertegas tentang transparansi pelaksanaan program pemerintah. Seperti Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung (Permen PU 29/2006). Sebuah proyek yang tidak menyertakan papan pengumuman proyek, sudah jelas menabrak aturan.


Jadi pengerjaan proyek Aula TK Negeri Pembina Dendang yang di kerjakan oleh CV TRUST sudah menyalahi aturan dan menutupi keterbukaan informasi publik (KIP). Proyek yang sudah berjalan hampir 70% pengerjaan dan sudah sebulan lamanya tidak di sertai adanya pemasangan papan nama pengumuman oleh pelaksana proyek tersebut. (Dwi/luc)
Share This :

0 komentar