BLANTERWISDOM101

Dua Proyek CV. TRUST Sejak Awal Tidak Pasang Plang Informasi


PAWARTANUSANTARA.COM | Belitung Timur - Proyek Penunjukan Langsung (PL) pengerjaan pembangunan di TK Negeri Pembina Dendang, Desa Balok, kecamatan Dendang, Kabupaten Belitung Timur, yang dikerjakan oleh CV.TRUST ternyata terdapat 2 paket PL yang sedang dikerjakan.

Dari pantauan awak media infokita.click waktu berada TK Negeri Pembina Dendang lokasi proyek CV.TRUST tersebut sabtu (11/05/2019). Memang sedang mengerjakan pembangunan ruang Aula dan tidak didapati papan plang proyek pembangunan Aula tersebut yang sudah berjalan sebulan dan bangunan Aula tersebut sudah berdiri 70% pengerjaan.


Sukarno, kepala tukang dari CV.TRUST yang bertanggung jawab akan pengerjaan ruang aula tersebut memang mengakui tidak memasang papan plang proyek tersebut. Dan mengatakan hanya 1 paket pengerjaan yang dikerjakan oleh CV.TRUST yaitu pembangunan ruang Aula itu saja di TK Negeri Pembina Dendang.


Setelah dilakukan pengecekan pengerjaan oleh Suryadi Wahid selaku Ketua DPC Kabupaten Belitung Ormas Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) dilokasi pengerjaan CV.TRUST (15/05/2019). Ditemukan adanya 2 plang papan proyek PL dilokasi tersebut.


Papan plang proyek yang pertama untuk pengerjaan Pembangunan Aula TK Negeri Pertiwi Dendang, dengan No dan tanggal SPK : 002/SPK/TK/KPPBS.7/DINDIK/2019. Dengan nilai pengerjaan sebesar : Rp. 99.500.000. Sumber dana : APBD Kabupaten Belitung Timur 2019. Pelaksana : CV.TRUST.


Sedangkan untuk papan plang proyek yang kedua, yang dimana awak media ini tidak menemukan dan kepala tukang hanya menyebutkan pengerjaan 1 paket yang dikerjakan oleh CV.TRUST di lokasi TK tersebut.


Pembangunan WC Siswa TK Negeri Pembina Dendang, dengan No dan tanggal SPK : 002/SPK/TK/KPPBS.8/DINDIK/2019. Dengan nilai pengerjaan sebesar : Rp. 49.500.000. Sumber dana : APBD Kabupaten Belitung Timur 2019. Pelaksana : CV.TRUST.

Dan dimana ditulis untuk pengerjaan selama 30 hari tetapi di tulis 60 hari.

Wawancara Suryadi Wahid Ketua Ormas LAKI dengan Sukarno selaku kepala tukang dari CV.TRUST dilokasi pengerjaan mengatakan.


"Proyek ini yang punya Agus pak, dan satu lagi proyek pembuatan WC Siswa TK yang ada di belakang (sambil menunjukan WC).



"papan plang proyek sudah dipasang di depan dekat pintu gerbang itu pak, dan itu ada dua papan plang proyek yang sudah dipasang." Ucap Sukarno.


Dasar pengerjaan yang dilakukan CV.TRUST ini sudah sangat melanggar serta mengabaikan keterbukaan informasi publik (KIP). Dikarenakan pengerjaan proyek PL sebanyak 2 paket dari Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur tersebut tidak terpasangnya plang papan proyek dari awal pengerjaan. 


Ditambah lagi proyek pengerjaan pembangunan WC Siswa TK Negeri Pertiwi Dendang sudah 90% selesai dan sudah mau selesai masa kerjanya pada tanggal (25/052019), akan tetapi baru dipasang plang papan proyeknya selasa kemaren (14/05/2019) pengakuan dari sukarno selaku kepala tukang dari CV.TRUST tersebut.


Kembali mengacu kepada aturan pengerjaan proyek Pemerintah, plang papan informasi proyek wajib untuk dipasang, Aturan tersebut sudah jelas tertera dalam UU No. 14 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. 


Selain UU KIP, ada beberapa aturan lain yang mempertegas tentang transparansi pelaksanaan program pemerintah. Seperti Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung (Permen PU 29/2006). Sebuah proyek yang tidak menyertakan plang papan pengumuman proyek, sudah jelas menabrak aturan apalagi anggaran dana tersebut bersumber dari dana APBD. (Dwi/Luc)
Share This :

0 komentar