DESKRIPSI GAMBAR
BLANTERWISDOM101

Pertama Dalam Sejarah Kabupaten Lampung Timur Peroleh Predikat WTP


PAWARTANUSANTARA.COM | Bertempat di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Lampung Lantai III, Jl. Pangeran Emir M Noor No. 11B Bandar Lampung, Selasa (28/05/2019), Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018 yang telah diaudit dengan predikat atau Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

Hadir mendampingi Bupati Lampung Timur, Wakil Ketua DPRD Lampung Timur, Nawawi Iskandar, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Junaidi, Asisten Bidang Administrasi Umum, Wan Ruslan Abdul Ghani, serta Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Indra Budiman Duki.
Diketahui bahwa Opini BPK merupakan pernyataan profesional pemeriksaan terkait kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria antara lain kesesuaian dengan standar akuntasi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosure), kepatuhan terhadap perundang undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.


Menurut Sunarto selaku kepala BPK RI Perwakilan Lampung mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Lampung Timur memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dikarenakan auditor menyakini berdasarkan bukti bukti audit yang dikumpulkan, penyajian laporan keuangannya dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik, dan kalaupun ada kesalahan, kesalahannya dianggap tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan.

Hadir langsung dalam penyerahan tersebut, Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim menyampaikan bahwa predikat Opini WTP tidak hanya sekedar opini semata tetapi betul-betul sebagai ukuran kinerja.

“Lampung Timur bulan lalu baru merayakan Ulang Tahun Ke 20 itu artinya kami harus menunggu 20 tahun untuk mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian. Hari ini berangkat dengan deg-degan dan sholawat tidak putus, alhamdulillah keturutan mendapatkan Opini WTP, karena bagi kami itu bukan sekedar opini tetapi betul-betul sebagai ukuran soal kinerja dan kita berharap dengan diberikannya Opini WTP kawan-kawan pelaksana di Pemerintah Kabupaten Lampung Timur semuanya tanpa terkecuali semakin semangat lagi untuk mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan agar masyarakat menjadi percaya”.

Dalam kesempatan tersebut tak lupa pula Chusnunia menyampaikan rasa terima kasih terhadap BPK dan seluruh pihak atas kerjasamanya selama ini sesuai tugas masing-masing.

“Saya atas nama pemerintah daerah juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan konstribusi yang baik dan telah memberikan dukungannya untuk Lampung Timur. Dan secara khusus kami berterima kasih kepada DPRD Kabupaten Lampung Timur atas seluruh dukungannya sehingga Pemerintah Daerah Lampung Timur dapat menjalankan program kegiatan dengan maksimal”.

Secara terpisah, Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari juga turut bersyukur atas raihan tersebut dan berharap kedepan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dapat lebih solid lagi mempertahankan WTP ini.
“Syukur alhamdulillah kita dapat opini WTP, saya ucapkan terimakasih kepada Kepala OPD Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, Kabid, Kasi serta khususnya kepada pak Nurdin Sifrizal, Junaidi, M. Indra Budiman Duki, dan pihak pihak terkait yang telah bekerja keras meraih predikat Opini WTP ini”.

“Dengan raihan ini harapannya kedepan kita dapat lebih baik lagi dalam hal kinerja dan tentunya dapat mempertahankan capaian ini karena mempertahankan lebih berat dari pada meraihnya, sehingga saya berharap kedepan kita dapat lebih solid lagi mempertahankan WTP ini”. pungkasnya.

Untuk diketahui, selain Kabupaten Lampung Timur, dalam acara tersebut dilakukan pula penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) kepada 6 Kabupaten/Kota lainnya yang ada di Provinsi Lampung. Ke 6 Kabupaten/kota tersebut ialah, Kabupaten Lampung Utara, Lampung Selatan, Mesuji, Tulang Bawang Barat, Pesisir Barat, dan Kota Bandar Lampung.(Rj Niti)
Sumber : TIM HUMAS
Share This :

0 komentar