BLANTERWISDOM101

Sungai Ciberang dan Cilaki Meluap, 4 Kecamatan Kena Banjir Bandang


PAWARTANUSANTARA.COM | Empat kecamatan di sepanjang bantaran sungai Ciberang dan CIlaki terkena banjir bandang. Sejumlah jembatan dan rumah warga rusak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kaprawi, mengatakan empat kecamatan terdampak banjir bandang yaitu di Sajira, Sobang, Muncang dan Cimarga yang lokasinya di seberangi sungai Ciberang dan Cilaki. Sungai sempat meluap beberapa saat akibat hujan deras pada Rabu 22 Mei 2019 malam. 

"Karena aliran sungai meluap, sifatnya banjir bandang material dari hulu akhirnya di bantaran tidak siap. Biasanya tidak banjir jadi banjir, tapi alhamdulillah tidak ada korban jiwa," kata Kaprawi saat dihubungi wartawan di Lebak, Banten, Kamis (23/5/2019). 

Kaprawi mengatakan ada puluhan rumah yang terdampak banjir bandang. Di Kecamatan Sajira, ada 29 unit rumah rusak berat, 15 unit rusak ringan dan diperkirakan ada 50 rumah yang terendam. 

Selain itu, ada 2 jembatan rusak, 3 pondok pesatren dan 2 unit majelis taklim warga yang juga rusak. Sementara warga di kecamatan ini masih mengungsi. Namun, air yang meluap sudah kembali surut. 

"Cepat sekali banjir bandangnya, banjirnya sudah surut," paparnya. 

Saat ini, BPBD Lebak sedang melakukan penyisiran sepanjang bantaran sungai Ciberang dan Cilaki yang melewati 4 kecamatan. Menurutnya, tim masih mendata berapa rumah dan fasilitas umum yang terdampak banjir. "Sekarang masih menyisir mana yang kena mana rusak berat. Jumlah yang tadi sifatnya sementara," pungkasnya. ***
(Ipi)
Share This :

0 komentar