DESKRIPSI GAMBAR  
BLANTERWISDOM101

Hindari 5 Makanan ini, Dapat Memicu Asam Urat


PAWARTANUSANTARA.COM | Setiap penyakit pada dasarnya memang dapat dicegah dengan cara yang paling sederhana. Seperti halnya dengan cara membatasi asupan makanan atau pantangan dari penyakit itu sendiri. Termasuk salah satunya berlaku untuk penyakit asam urat.

5 Makanan Pemicu Asam Urat Tinggi
Penyakit asam urat merupakan suatu kondisi penyakit yang timbul akibat penumpukkan asam urat dari hasil penguraian zat-zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh. Apabila jumlah pembuangannya lebih kecil dari produksinya, maka sisanya dapat tertimbun ataupun membentuk kristal tajam di persendian.

Hingga akhirnya menimbulkan peradangan yang teramat sakit dirasakan. Dan salah satu faktor umum pemicu asam urat tinggi sendiri ialah dari makanan berkadar purin tinggi. Adapun beberapa contoh makanan berkadar purin tersebut, seperti di bawah ini.

5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat:

1. Seafood
Kebanyakan hidangan laut seperti kerang dan ikan dapat menjadi penyebab asam urat. Diketahui, di dalam lobster 85 gram terkandung 65 mg kolesterol. Belum lagi jika digoreng, kadar kolesterol di dalamnya pun akan meningkat. Oleh sebab itu, bagi para penderita asam urat sangat dianjurkan untuk meninggalkan jenis makanan ini.

2. Jeroan
Seperti halnya babat, kikil, hati dan jeroan lainnya memiliki kadar purin yang cukup tinggi hingga berkontribusi meningkatkan asam urat. Jeroan seperti hati pun diketahui salah satu makanan berkolesterol tinggi. Sehingga dapat memicu timbulnya asam urat tinggi.

3. Makanan Olahan
Beberapa jenis makanan olahan seperti olahan daging, diketahui memiliki kadar purin yang cukup tinggi sehingga harus dihindari. Tidak terkecuali beberapa jenis makanan olahan di dalam kaleng pun tinggi kadar purinnya. Sehingga sebisa mungkin untuk dibatasi maupun dihindari pengonsumsiannya.

4. Daging Merah
Daging merah seperti halnya daging sapi merupakan salah satu yang perlu dihindari penderita asam urat. Karena di dalam daging sapi terkandung kolesterol serta purin tinggi penyebab asam urat.

5. Makanan dari Tepung
Tepung-tepungan terutama tepung putih pada kenyataanya tidak mengandung banyak nutrisi sehat bagi kesehatan tubuh. Justru, makanan dari tepung tersebut bisa menimbulkan peradangan jika dikonsumsi terlalu berlebihan.

Itulah deretan makanan yang menjadi pemicu naiknya asam urat hingga menimbulkan kekambuhan asam urat. Maka jika Anda tidak ingin terserang asam urat ini sebaiknya hindari beberapa makanan tersebut. Namun tentunya dengan hanya menghindari makanan tersebut saja tidak cukup, jika ingin sembuh harus dilakukan pengobatan. ***
(min/ina)

Share This :

0 komentar