BLANTERWISDOM101

Pemkab Lampura, Festival Seni: Lestarikan Budaya Lokal


PAWARTANUSANTARA.COM | Pemerintah Kabupaten Lampung Utara melalui Dinas Pendidikan setempat, mengadakan keterampilan seni  keterampilan seni musik dan  penari  Festival (dua) sekaligus melestarikan budaya lokal Kotabumi Lampung Utara, (6/2019).

Kegiatan acara diHadir Pj. Sekda Lampura, Sopyan, lalu Plt. Disdikbud, Toto Sumedi, Kepala Inspektorat Mankodri, Kapolres Lampura, AKBP Budiman Sulaksono, Kodim 0412/LU, dan Tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat beserta lapisan masyarakat setempat Lampung.

Plt kadis dinas pendidikan ngeutarakan , dalam ajang kegiatan tersebut sebagai wadah memperkenalkan sekaligus melestarikan seni budaya yang ada diKabupaten Lampung Utara.  mempertunjukkan seni budaya Lampung Kepada masyarakat serta membuka semangat pemuda khususnya pecinta seni agar melestarikan budaya daerah baik melalui puisi dan gelar feativL maupun penari.


Berjamaah 9 peserta yang tampil pada Kotabumi ART Festival (dua), baik itu peserta daerah maupun luar daerah. ” Peserta yang tampil pada malam hari ini, 4 penampil dari daerah, dan 5 penampil dari luar daerah, ” ungkapnya.

Perwakilan Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara diwakili oleh Sekretaris daerah kabupaten Lampura, Sofyan mengatakan, bahwa Lampung Utara telah bertambah usia 73 tahun. Dengan bertambah usia ini, maka semakin semangat pemerintah untuk berpacu terus meningkatkan dan memperbaiki pembangunan di segala bidang, dan Salah satu di dalamnya termasuk bidang seni dan budaya Lampung.

Selanjutnya Pada event kotabumi ART Festival (dua)Tahun 2019 Mengusung tema ” Jung Femersatu Apresiasi Untuk Masyarakat Berkepribadan Dalam Karya dan Budaya.” Tema tersebut tentu sangat merepresentasikan nilai sejarah pradaban masyarakat Lampung. Sebab dahulu sebelum sarana transportasi darat dibangun, maka Jung atau Jukung atau perahu merupak bagian penting dalam kehidupan masyarakat yaitu menjadi alat transportasi utama.

Kini, Jukung atau perahu ini telah menjadi salah satu simbol budaya daerah lampung, yang turut memperkaya khasanah budaya bangsa. ” Mari bersama-sama kita lestarikan seni budaya derah dengan menjaga kerukunan dan kedamaian, selalu berpikir positif dalam menyikapi berbagai isu yang berkembang saat ini serta terus berjuang bersama merajuk persatuan dan kesetuan dalam bingkai (NKRI),” tuturnya. ***
(Apala)
Share This :

0 komentar