DESKRIPSI GAMBAR  

PAWARTA TERHANGAT


 
BLANTERWISDOM101

Kolesterol Tinggi: Harus Diketahui 5 Hal ini

Gambar ilustrasi.

PAWARTANUSANTARA.COM | Seperti kita ketahui bahwa kebiasaan mengonsumsi makanan yang cenderung tinggi kolesterol dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat dalam aliran darah meningkat. Kadar kolesterol tinggi dipercaya sebagai salah satu faktor risiko utama penyebab penyakit paling banyak merenggut nyawa di seluruh dunia, tidak lain adalah penyakit jantung.

Tetapi hanya karena seseorang tidak gemar mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, dilansir jegulo, (8/07). bukan secara langsung berarti ia aman atau terbebas dari masalah penyakit yang berkaitan kolesterol.

Faktanya, ada begitu banyak penyebab kolesterol tinggi selain dari masalah makanan. Kolesterol tinggi juga bisa disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:

1. Kelebihan berat
Badan kesehatan mengonfirmasi bahwa kelebihan berat badan dapat menyebabkan penurunan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Keberadaan kolesterol baik akan membantu menjaga dan mengimbangi tingkat kolesterol jahat tetap dalam kadar normal.

Menjaga berat badan normal sangat penting tidak hanya untuk kolesterol tetapi juga untuk kesehatan lainnya seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, diabetes tipe 2 dan bahkan beberapa jenis kanker tertentu.

2. Kurang olah raga
Penelitian menemukan bahwa menjadi tidak aktif secara fisik dapat memicu peningkatan kadar kolesterol jahat dalam aliran darah. Di sisi lain, menjalani kehidupan yang aktif secara fisik dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh kita.

Jadi pastikan untuk tidak menghabiskan banyak waktu berlama-lama di depan TV atau PC. Lakukan olahraga secara rutin setiap hari setidaknya 20 menit, bisa lari-lari ringan atau angkat-angkat beban berat.

3. Terlalu stres atau banyak beban pikiran
Stres akan selalu hadir dalam kehidupan kita, jadi bagaimana kita mengontrolnya agar tidak jadi beban pikiran berlama-lama itu yang sangat penting. Stres berlarut-larut dapat menyebabkan problem penyakit fisik, termasuk peningkatan kolesterol jahat.

Lakukan aktivitas positif yang sekiranya dapat mengurangi atau menghilangkan stres yang Anda alami. Misalnya jalan-jalan di tempat pariwisata, jika ada tugas yang belum terselesaikan segera diselesaikan, jika punya masalah dengan orang lain segera baikan atau minta maaf, dan lain-lain.

4. Merokok dan Alkoholisme
Semua orang tahu jika merokok itu buruk bagi kesehatan paru-paru. Tetapi selain itu, merokok juga bagi kesehatan jantung. Merokok sudah sangat jelas dapat memicu ketagihan, sehingga jumlah konsumsinya seringkali berlebihan. Pecandu bisa menghabiskan sampai 20 bungkus rokok per hari, hal inilah yang berisiko buruk bagi kesehatan selain juga buruk secara ekonomi. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan kolesterol jahat dalam tubuh meningkat drastis.

Ada satu lagi kebiasaan tidak sehat yang juga dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat meningkat secara dramatis, tak lain adalah konsumsi alkohol. Seperti halnya merokok, minum-minuman beralkohol juga bikin orang ketagihan. Apapun yang berlebihan pasti efeknya buruk bagi segalanya.

5. Riwayat keluarga
Sayangnya, penyakit kolesterol juga bisa diturunkan dari gen keluarga. Jadi, jika orang tuanya pernah menderita kadar kolesterol tinggi, hal tersebut juga dapat diturunkan kepada anak-anaknya melalui sifat gen. Intinya, selalu perhatikan pola dan gaya hidup yang sehat agar kita dihindarkan dari segala macam bentuk penyakit. ***
(ina)

Share This :

0 komentar