BLANTERWISDOM101

Obat Mujarab, Dari Diabetes Sampai Dengan Jantung


PAWARTANUSANTARA.COM | Nangka Belanda atau nangka landa (Jawa) dianggap sebagai salah satu buah paling menyehatkan. Bahkan daunnya juga bisa dijadikan teh untuk membantu mengobati beberapa jenis penyakit termasuk kanker.

Sirsak atau nangka landa berasal dari pohon Graviola, yang banyak tumbuh di negara-negara beriklim tropis seperti Indonesia dan kini sudah banyak dibudidayakan di seluruh dunia karena fleksibilitasnya. Selain rasanya yang manis khas, nangka landa dapat juga digunakan untuk tujuan pengobatan.

Teh daun nangka landa mungkin tidak begitu populer bagi kebanyakan orang. Tapi soal manfaat dan khasiatnya tidak boleh disepelekan, dilansir jegulo mulai dari penyakit diabetes, asam urat hingga kanker bisa diobati dengan meminum teh daun nangka landa. Berikut manfaat selengkapnya:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Minum teh daun sirsak secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daun sirsak mengandung antioksidan kuat dan vitamin C, yang membantu melindungi tubuh dari efek buruk akibat radikal bebas.

Radikal bebas dapat mempercepat penuaan dini dan menyebabkan gangguan kesehatan serta disfungsi organ kronis. Dengan antioksidan yang dikuatkan, produksi sel darah putih juga akan ditingkatkan. Sel darah putih adalah tameng atau pelindung terhadap unsur-unsur berbahaya yang menyerang tubuh. Saat kinerjanya optimal, sistem kekebalan tubuh juga akan ikut meningkat sehingga tubuh akan terlindungi dari berbagai penyakit.

2. Pencegahan Kanker
Minum teh daun nangka landa dapat membantu melindungi sistem tubuh terhadap kanker dan juga mengurangi efek samping kemoterapi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Natural Products melaporkan bahwa daun sirsak 10.000 kali lebih baik, dibandingkan dengan obat kemoterapi yang dikenal sebagai Adriamycin.

Dengan kemampuannya yang dibuktikan secara ilmiah 10.000 kali lebih kuat, mengonsumsi teh daun nangka landa akan melindungi tubuh secara maksimal dari serangan kanker dan yang berkaitan.

3. Obat Diabetes
Kandungan hipoglikemik dalam daun sirsak dapat membantu dalam perawatan pasien diabetes guna memperbaiki kadar gula darahnya yang tidak normal. Dengan meminum teh daun sirsak, pasien penderita akan berangsur mengalami penurunan kadar gula darah tinggi tanpa efek samping.

4. Kesehatan Jantung
Rutin mengonsumsi teh daun sirsak juga dapat melindungi dan memperkuat jantung dengan meningkatkan fungsi sistem kardiovaskular.

Teh daun sirsak dapat melancarkan aliran darah, membantu meredakan ketegangan dan tekanan pada arteri serta pembuluh darah, sehingga jantung akan lebih mudah memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Selain itu, mekanisme penurunan tekanan darah juga bermanfaat bagi orang yang menderita hipertensi. Sehingga akan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

5. Obat Asam Urat
Teh daun sirsak mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu dalam pengobatan sakit asam urat. Penyebab utama dari asam urat adalah ketidakmampuan ginjal untuk membersihkan dan menyaring zat purin dari aliran darah.

Sebagai akibatnya, racun menumpuk di persendian yang membawa rasa sakit tajam yang semakin intens saat malam hari. Minum teh daun sirsak dapat membantu meringankan gejala dan membantu menyembuhkan penyakitnya dengan cara menghilangkan zat purin dari tubuh.

Resep Teh Daun Sirsak
Bahan-bahan:

Daun sirsak atau nangka landa
air secukupnya
Cara pembuatannya:

1. Tambahkan daun sirsak kering ke dalam panci dengan air mendidih.
2. Matikan api ketika airnya sudah cukup panas dan segera tutup panci.
3. Biarkan selama beberapa saat dalam air panas selama minimal 2 menit. Namun disarankan lebih lama lagi hingga 30 menit, untuk memastikan kandungan nutrisinya mengendap secara maksimal.

5. Minum teh daun sirsak setidaknya 3 kali sehari, dalam keadaam perut kosong atau idealnya di pagi hari. ***
(ina)
Share This :

0 komentar