BLANTERWISDOM101

Jajaran Kodim 0414/Belitung, Bersama Warga Padamkan: Kebakaran Lahan


PAWARTANUSANTARA.COM | Manggar (Kodim 0414/Belitung) Kebakaran hutan dan lahan kosong pada musim kemarau ini mendapat perhatian semua pihak terutama Jajaran Kodim 0414/Belitung. Melalui sosialisasi dan penyuluhan kepada warga masyarakat selalu di sampaikan Babinsa Sertu Suhendro.

Babinsa Padang bersama masyarakat dan Damkar Beltim memadamkan kebakaran hutan dan lahan kosong yang terjadi di Dusun Menggarawan Desa Padang Manggar Beltim. (Jumat 9/8/2019).

Terjadinya kebakaran akibat ulah masyarakat yang tidak bertanggung jawab, yang sengaja membakar, sehingga api menjalar keseluruh areal hutan kosong yang kering lebih kurang 1 Ha.

Daerah Dusun Manggarawan memang rawan kebakaran, sehingga setiap musim kemarau setiap tahun nya sering terjadi kebakaran hutan yang sengaja atau tidak sengaja akibat masyarakat membakar sampah dan tidak di tunggui dan di awasi. 


Berkat kesigapan Babinsa mengajak warganya untuk memadamkan Api  dengan mendatangkan 2 unit Damkar Beltim dalam waktu kurang 2 Jam api dapat di padamkan.

Sertu Suhendro atas Ijin Danramil Mayor Inf Joko Lelono menyampaikan "Kami selalu mengimbau kepada masyarakat agar tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok sembarangan di musim kemarau ini".

Aturan dan UU Nomor 41 Tahun 1999 ttg Kehutanan Pasal 78 ayat 3 berisi, pelaku pembakaran hutan di kenakan Sanksi kurungan 15 tahun dan denda 5 Milyar. Dengan Sanksi yang begitu berat di harapkan Masyarakat menyadari tentang penting menjaga dan melestarikan hutan sebagai sumber air dan paru-paru Dunia" tegas Babinsa. (Ar)
Share This :

0 komentar