BLANTERWISDOM101

Bagikan Air Bersih Di Perbatasan

Wujud kepedulian Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ terhadap masyarakat perbatasan NKRI, (29/9/2019).

PAWARTANUSANTARA.COM - Personel Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ yang dipimpin oleh Perwira Teritorial (Pater) Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Letda Inf HG Sitohang beserta 5 orang personel, melaksanakan bantuan pembagian air bersih kepada warga masyarakat Kel. Umanen Kec. Atambua Barat Kab. Belu NTT.

Hal itu sampaikan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Mayor Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Belu NTT, Sabtu (28/9/2019).

Diungkapkan Dansatgas, hal itu dilakukan karena banyaknya keluhan dari masyarakat di perbatasan yang sangat membutuhkan bantuan pasokan air bersih akibat musim kemarau.

"Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Pater Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Letda Inf HG Sitohang beserta 5 orang personel, sesuai dengan SOP dalam melaksanakan suatu kegiatan didaerah penugasan, 2 orang personel di stand by kan untuk melaksanakan pengamanan disekitar lokasi kegiatan, hal ini dalam rangka menghindari sesuatu yang tidak kita diinginkan," ujar Mayor Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M.

"Sebagaimana kita ketahui bersama, dimusim kemarau seperti ini, debit air sangat menurun sehingga masyarakat yang berada diperbatasan sangat membutuhkan bantuan pasokan air bersih untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari," imbuhnya.

Seperti yang dialami masyarakat di perbatasan saat ini, khususnya disekitar lingkungan Mako Satgas Kel. Umanen Kec. Atambua Barat Kab Belu NTT mencari sumber air yang sangat jauh jaraknya akibat dari musim kemarau.

Kita sering mendapatkan keluhan dari masyarakat, khususnya masalah air bersih yangvsangat sulit dicari, dan mereka sangat berharap dapat diberikan bantuan pasokan air bersih, terangnya lebih lanjut.

Melihat kondisi mereka saat ini, Pater Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ langsung mendata dan menyusun rencana kegiatan dalam rangka memberikan bantuan pasokan air bersih kepada warga masyarakat di sekitar Mako Satgas.

"Kendaraan yang kita gunakan dalam penyaluran bantuan pasokan air bersih kepada masyarakat merupakan kendaraan dinas jenis truck tangki, yang mana asal dana pembeliannya menggunakan uang rakyat, jadi wajar saja bila kita gunakan untuk kepentingan rakyat," tambah Mayor Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M.

Bpk Egeidius Kali yang merupakan ketua RT 01 (rukun tetangga) menyampaikan banyak terima kasih kepada personel Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ yang telah memberikan bantuan berupa pasokan air bersih di wilayahnya.

“Terima kasih kepada bapak-bapak tentara atas adanya bantuan ini, semoga dapat berjalan dengan baik dan kedepannya mereka bisa bertugas dengan sebaik-baiknya," ujar Bpk Egeidius Kali (57).

Terpisah, Ibu imelda Mako dan Ibu Mariam Maneg juga mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan.

"Terima Kasih atas bantuan bapak-bapak TNI Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, karena kami memang sedang kekurangan air saat ini" kata Ibu Imelda Mako (25) dan Ibu Mariam Maneg (30)

Sementara itu, senada dengan disampaikan Dansatgas, Letda Inf HG Sitohang atas nama Satgas Pamtas menyampaikan kepada warga bahwa sudah menjadi tugas kami untuk membantu kesulitan masyarakat yang ada di perbatasan.

"Itu sudah menjadi tugas kami, karena TNI dilahirkan dari rakyat, untuk rakyat dan akan kembali ke rakyat nantinya, jadi kami berharap kepada masyarakat jangan segan-segan apabila membutuhkan bantuan kami," tandasnya.
Share This :

0 komentar