BLANTERWISDOM101

Pemkab Belitung promosikan Belitung, di Summarecon mall Serpong

Pekan UMKM dan Pariwisata Belitung ini berlangsung selama 6 hari dari tanggal 29 Oktober hingga 3 November 2019 dengan menampilkan 15 stand yang diikuti oleh 17 UMKM Belitung, Jasa Perhotelan dan Tour Travel.

PAWARTANUSANTARA.COM - Pemerintah Kabupaten Belitung menyelenggarakan Pekan UMKM dan Wisata Belitung 2019 di Mall Summarecon, Serpong Tanggerang Selatan. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos, Selasa (29/10).

Pekan UMKM dan Pariwisata Belitung ini berlangsung selama 6 hari dari tanggal 29 Oktober hingga 3 November 2019 dengan menampilkan 15 stand yang diikuti oleh 17 UMKM Belitung, Jasa Perhotelan dan Tour Travel.

Acara pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM RI, Victoria Boru Simanungkalit, Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Ansori, Perwakilan Kementerian Pariwisata RI, Anggota DPD RI, Ir. H. Darmansyah Husein, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H. MZ Hendra Caya, SE, M.Si, Staf Khusus Wakil Presiden RI, Wakil Sekjen ICSB Indonesia, Ketua Umum Perempuan Indonesia Maju, Sekjen Lembaga Pemberdayaan Rakyat, serta undangan lainnya.

Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM RI, Victoria Boru Simanungkalit dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Belitung merupakan salah satu pemerintah daerah yang cukup aktif mempromosikan produk UMKM baik yang berskala nasional maupun internasional.

Selain itu, Victoria juga menyampaikan bahwa Kementerian UMKM telah memfasilitasi beberapa UMKM yang berasal dari Belitung pada beberapa pameran berskala internasional, antara lain Billiton Spice dengan produk lada pada Festival Indonesia-Moscow di Rusia pada Tanggal 1 s/d 4 agustus 2019 dan Kopi Murni dengan produk kopi dan lada pada China ASEAN Expo 2019 tanggal 21 s/d 24 September 2019.

Vicroria berharap kegiatan ini tidak hanya dijadikan media promosi dan memasarkan produk UMKM, tetapi juga dijadikan sebagai media inspiratif, edukasi, pengembangan wawasan, dan khususnya berjejaring usaha.

Sementara itu Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S, Sos dalam sambutannya menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dengan misi untuk mendukung upaya peningkatan pangsa pasar produk UMKM Kabupaten Belitung ke berbagai daerah, baik dalam negeri maupun ke manca negara, yang mana pada tahun ini, tepatnya pada bulan Desember 2019 produk UMKM Kabupaten Belitung sudah mulai eksport dengan misi jemput bola. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Belitung, mengingat Kabupaten Belitung menjadi salah satu dari 10 Bali Baru.

“Tentunya dengan banyaknya kunjungan wisatawan akan berdampak positif pada kemajuan UMKM Kabupaten Belitung sebagai penyedia jasa-jasa kepariwisataan termasuk produk-produk dan kuliner-kuliner khas daerah” lanjut Bupati.

Tidak hanya itu, Bupati juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Belitung terus berupaya untuk mengembangkan berbagai inovasi dan daya saing daerah melalui pengembangan UMKM agar Kabupaten Belitung mampu terus bersaing dalam era pasar global.

“Kami juga mohon dukungan dan dorongan pemerintah pusat agar kami dapat terus bergiat melakukan berbagai upaya pengembangan potensi daerah agar menjadi semakin berkembang lagi ke depan” harap Bupati.

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si menjelaskan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menguatkan kedikenalan Belitung dan kesukaan masyarakat Indonesia maupun internasional terhadap Belitung. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga menguatkan dua aspek yaitu UMKM dan kepariwisataan.

“Untuk konsepnya masih mengusung keindahan alam karena Belitung indentik dengan pantainya, pasir putihnya. Belitung juga dikenal dengan berbagai produk UMKM yang sudah berkualitas dengan rasa yang enak dan harga terjangkau ditambah lagi dengan kekuatan seni budaya yang kita miliki, “ jelas Wabup.

Wabup berpesan kepada UMKM agar lebih ramah lingkungan, menjaga konsistensi rasa, harga terjangkau dan juga berharap agar UMKM terus berinovasi agar produk-produk yang ditawarkan lebih menarik.

Pemerintah Kabupaten Belitung dinilai aktif dan gigih dalam mengupayakan produk UMKMnya masuk pasar Internasional, hal ini mendapat apresiasi dan pengakuan dari International Council For Small Business (ICSB) Indonesia sehingga mereka memberikan penghargaan kepada Pemkab Belitung. 

Penghargaan ini diserahkan dalam acara pembukaan oleh Wakil Sekjen ICSB, Ardi Riduansyah kepada Bupati Belitung.

Untuk menarik perhatian pengunjung di Summarecon Mall, selain menggelar pameran produk UMKM juga ditampilkan seni budaya Belitung seperti musik gambus Belitung, tarian tradional Belitung dan fashion show pakaian tradisional Belitung. (mar)

Share This :

0 komentar