Ketahui kesehatan diri? dari emosional, berikut ulasannya -->

Menu Atas

DESKRIPSI GAMBAR
Loading...

Ketahui kesehatan diri? dari emosional, berikut ulasannya

Friday, 22 November 2019

Ilustrasi gambar Siti Latifa Asyida ceriaan, (23/11/2019).

PN.COM, Jakarta - Banyak orang yang menyadari akan pentingnya kesehatan tubuh, tetapi tidak dengan kesehatan mental. Padahal, penelitian membuktikan bahwa kesehatan mental yang baik akan meningkatkan kesehatan fisik dan daya tahan terhadap gangguan emosional sehingga hidup kita terasa lebih menyenangkan.

Kesehatan emosional sendiri jelas memiliki pengaruh terhadap bagaimana kita bertindak dalam kehidupan sehari-hari hingga pola pikir kita. Oleh karena itu, merawat kesehatan emosional tak kalah pentingnya dengan merawat kesehatan jasmani.  

Lantas bagaimana mengetahui diri, telah sehat secara emosional, ini ulasannya:

1. Anda memperlakukan orang lain dengan baik 

Kesehatan mental adalah tentang bagaimana seseorang dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi berbagai tantangan hidup serta menjalin hubungan positif dengan orang lain.Nah untuk mencapai hal tersebut, Anda harus memiliki kesehatan emosional yang baik. Dengan memiliki kesehatan emosional yang stabil Anda akan mudah berbuat baik pada diri sendiri dan tentunya dengan orang lain. 

2. Olahraga dan makan teratur

Cara menghargai diri yang paling mudah dan utama adalah dengan menjaga kesehatan tubuh. Kebiasaan yang sehat, tentu akan membuat seseorang memiliki kesehatan emosional yang baik pula.

3. Mudah memaafkan dan memperbaiki hubungan yang buruk 

Memendam rasa benci berlarut-larut jelas dapat membuat diri tidak produkif dan dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Oleh karena itu orang yang memiliki kesehatan mental yang baik akan cenderung lebih mudah memaafkan agar tercipta hubungan yang baik.

4. Lebih fleksibel

Orang-orang yang memiliki kesehatan emosional yang baik akan mudah beradaptasi dan paham akan hal apa saja yang harus mereka lakukan. Mereka tidak akan mudah panik pada kondisi yang kacau, karena karakternya yang mudah menyesuaikan diri di berbagai situasi.

5. Lebih menghargai pengalaman ketimbang hal yang berbau material

Hidup tak melulu soal kepuasan diri dalam memiliki sesuatu yang bersifat materi. Jika Anda merupakan tipikal yang memprioritaskan pengalaman berharga dari suatu perjalanan, kegiatan, dan waktu berharga saat makan bersama dengan orang terkasih Anda memiliki kesehatan emosional yang baik.

6. Memahami emosi dalam diri 

Tanda lain bahwa Anda memiliki kesehatan emosional yang baik adalah Anda mudah mengungkapkan dan memahami emosi yang ada dalam diri. Tidak menjadi hal yang sulit bagi Anda untuk paham dengan emosi yang harus diluapkan atau diredam. 

7. Merasa bersyukur dikelilingi orang-orang yang menyayangi Anda

Menunjukkan rasa syukur terhadap segala hal yang terjadi pada hidup merupakan bentuk apresiasi terhadap apa yang Anda miliki. Anda fokus dengan segala hubungan yang Anda jalin dan hal tersebut merupakan sesuatu yang patut untuk disyukuri. 

8. Anda tahu kapan harus meminta bantuan

Jujur untuk mengakui diri membutuhkan bantuan, bagi sebagian orang merupakan sesuatu yang membuat dirinya merasa lebih rendah dan mengintimidasi diri. Namun hal yang penting Anda ketahui, saat diri merasa perlu bantuan bukan berarti Anda lemah melainkan sebuah bentuk kekuatan. Karena dengan mengakui kebutuhan Anda akan orang lain, Anda mampu menunjukkan bawah diri Anda merasa cukup percaya diri dan mengetahui tak ada beban dalam hubungan yang Anda jalin.  

9. Selalu terbuka dengan pengalaman baru 

Jika Anda memiliki kesehatan mental yang baik, Anda akan selalu siap untuk tetap produktif dengan menghadapi tantangan baru dan menjaga kinerja otak tetap aktif. Meskipun pengalaman baru mungkin terasa menakutkan, Anda dapat melangkah keluar dari zona nyaman untuk menerima tantangan tersebut.

10. Anda memiliki prinsip pentingnya pengembangan diri

Jika Anda senang melihat diri tumbuh menjadi seseorang pribadi yang positif dengan menghentikan kebiasaan yang tidak baik, mengakhiri hubungan yang merusak, mencoba hal-hal baru berarti Anda sudah memiliki kesehatan emosional yang baik. Dengan kondisi emosional yang stabil Anda akan mudah meluangkan waktu untuk diri sendiri agar lebih mampu memahami diri sendiri dan fokus pada tujuan pribadi Anda. 
(ina)