Kunjungan Bupati Belitung Timur, ke kabupaten Tabanan Bali -->

Menu Atas

DESKRIPSI GAMBAR
Loading...

Kunjungan Bupati Belitung Timur, ke kabupaten Tabanan Bali

Wednesday, 20 November 2019

"Sadhu Mawang Anuraga" yang berarti setia dan bijaksana untuk menjalankan kebenaran demi cinta kepada masyarakat, (21/11/2019).

PN.COM, Tabanan Bali - Wakil Bupati Tabanan Bali I Komang Gede Sanjaya , menyambut kedatangan Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza SE,didampangi panitia Pemkapnya sendiri.dalam kesempatan itu Wakil Bupati Tabanan Bali I Komang Gede Sanjaya , digedung kantor Bupati Tabanan,belaiu memaparkan tentang adat budaya Tabanan Bali.

Kabupaten Tabanan, Bali Indonesia, ulasan singkat tentang' Tabanan serta tempat wisata menarik dengan objek wisata yang terkenal di daerah Tabanan Bali, Tabanan adalah sebuah Kabupaten yang termasuk di wilayah provinsi Bali, Indonesia. Terletak disebelah selatan pulau Bali, kira-kira 35 km disebelah barat dari Kota Denpasar. Luas area kabupaten Tabanan adalah 839.33 km² (14.90% dari luas pulau Lambang/simbol atau logo dari kabupaten Tabanan adalah berbentuk segi lima dengan garis pinggir yang menyimbulkan Pancasila (Landasan filosofi negara Republik Indonesia) yang merupakan landasan dasar yang dijunjung tinggi dan selalu menerangi jiwa rakyatnya, Rabu (21/11/2019).

Bentuk lambang segi lima tersebut ada beberapa simbol yaitu gunung Batukaru dengan warna hitam yang melambangkan kemakmuran dan kekuatan dari rakyat Tabanan dalam semangat dinamis menuju masyarakat yang adil dan makmur, Pura (Monumen) dengan warna putih melambangkan kepahlawanan rakyat Tabanan dalam mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia.

Lambang Simbol Kabupaten Tabanan
Padi dan Kapas (beras di sisi kiri dengan warna kuning dan kapas di sisi kanan dengan warna putih) melambangkan makanan dan pakaian yang menjadi kebutuhan dasar sehari-hari, 20 butir beras dan 11 buah kapas/katun melambangkan perang Puputan Margarana pada 20 November 1946 melawan kolonial Belanda di Tabanan.

 "Sadhu Mawang Anuraga" yang berarti setia dan bijaksana untuk menjalankan kebenaran demi cinta kepada masyarakat,"kata I Komang Gede Sanjaya".

Lambang kabupaten daerah tingkat II Tabanan ini memiliki 4 warna, warna hitam berarti keagungan, warna kuning berarti keluhuran, warna hijau muda berarti kemurnian dan warna putih berarti kesucian.

Tabanan Secara geografis kabupaten Tabanan terletak di antara 114° - 54' 52" Bujur Timur dan 8° 14' 30" - 8° 30' 07" Lintang Selatan, topografi Kabupaten Tabanan terletak pada ketinggian 0-2,276 m di atas permukaan laut dengan rincian pada ketinggian 0-500 m di atas permukaan laut merupakan daerah datar dengan kemiringan 2-15%, dan pada ketinggian 500-1000 m di atas permukaan laut adalah derah datar menurun ke daerah miring dengan kemiringan 15-40%.

Di daerah yang memiliki kemiringan 2-15% dan 15-40% adalah daerah yang cukup subur di mana petani melakukan kegiatan pertanian untuk memenuhi kebutuhan. Di daerah yang memiliki ketinggian lebih dari 1.000 m di atas permukaan laut dan dengan kemiringan 40% keatas adalah daerah berbukit dan curam, total 23.358 hektar atau 28,00% dari luas lahan di Kabupaten Tabanan adalah sawah, sehingga Tabanan dikenal sebagai daerah pertanian atau lumbung beras.

Batas-batas wilayah Kabupaten Tabanan adalah: di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Buleleng yang dibatasi oleh pegunungan seperti Gunung Batukaru (2.276 m), Gunung Sanghyang (2.087 m), Gunung Pohen (2.089 m), di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Badung yang dibatasi oleh sungai Yeh Sungi, sungai Yeh Ukun dan sungai Yeh Penet,selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dengan lebar pantai sekitar 37 km, di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Jembrana yang dibatasi oleh sungai Yeh Let.

Kabupaten Tabanan dibagi menjadi 10 Kecamatan, diantaranya adalah:

Baturiti
Kediri
Marga
Kerambitan
Penebel
Pupuan
Tabanan
Selemadeg
Selemadeg Timur
Selemadeg Barat.Tabanan juga merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang memiliki tempat wisata yang menarik dan populer di Bali, Ada banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di Tabanan, dan juga ada banyak hotel, restoran, villa dan akomodasi lainnya yang cocok dan baik digunakan sebagai liburan keluarga atau hanya sekedar sebagai tempat untuk bersantai. Berikut adalah beberapa objek wisata terbaik di Kabupaten Tabanan.

Bedugul
Danau Beratan/Bratan (tempat yang bagus untuk memancing dan untuk kegiatan olah raga air lainnya).
Pura Ulun Danu Beratan
Kebun Raya Eka Karya Bedugul
Pasar sayur-sayuran & buah-buahan di desa Candi Kuning, Bedugul
Museum Subak (museum tentang sistem irigasi di Bali yang dikenal dengan nama Subak).
Pura Tanah Lot
Pura Alas Kedaton
Hutan Monyet/Kera Alas Kedaton
Taman Kupu-Kupu Bali
Sawah Terasering Jatiluwih (pemandangan persawahan yang sangat indah).
Permandian air panas Tabanan
Pura Batukaru
Pantai Balian: Tempat Wisata Pantai di Bali untuk Surfing "berselancar". (Sho)