Pangkalpinang, Ribuan bibit cabai merah dibagikan ke masyarakat, dilima Kelurahan -->

Menu Atas

DESKRIPSI GAMBAR
Loading...

Pangkalpinang, Ribuan bibit cabai merah dibagikan ke masyarakat, dilima Kelurahan

Tuesday, 26 November 2019

Penyaluran 2.000 batang bibit cabai ini merupakan bagian dari kegiatan Gertam untuk mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan rumah, (27/11).

PN.COM, Pangkalpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membagikan ribuan bibit cabai merah kepada masyarakat Kota Pangkalpinang, guna menekan inflasi karena adanya kenaikan harga komoditas tersebut di pasaran.

"Kali ini kita membagikan 2.000 bibit cabai berkualitas untuk mengoptimalkan gerakan tanam cabai (Gertam)," kata Kepala Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Babel, Ahmad Damiri di Pangkalpinang, dilansir Antara Rabu, (27/11/2019).

Ia mengatakan penyaluran 2.000 batang bibit cabai ini merupakan bagian dari kegiatan Gertam untuk mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan rumah, menambah asupan pangan bergizi, beragam dan seimbang, juga untuk mengatasi inflasi atau lonjakan harga cabai di pasaran.

"Saat ini kita menyerahkan bibit ke lima kelurahan di Pangkalpinang, yaitu Kelurahan Selindung, Temberan, Parit Lalang, Air Mawar, Ampui dan diharapkan dapat mengurangi pengeluaran keluarga dalam memenuhi kebutuhan cabai," ujarnya.

Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pangan Kota Pangkalpinang, Yiyi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah provinsi yang telah memberikan bibit cabe ini dan diharapkan warga yang menerima bantuan ini dapat memanfaatkan bibit dengan sebaik-baiknya.

"Jadi, nanti bibit ini ditanam dan dirawat dengan baik, karena hasilnya untuk ibu-ibu semua. Ke depan tidak perlu lagi beli cabe di pasar karena sudah ada cabenya di pekarangan. Sudah cukup banyak, ditambah dengan bantuan dari  Kawasan Rumah Pangan Lestari  (KRPL). Harapan kami tidak ada lagi ibu-ibu yang mengeluh harga cabe yang mahal," katanya.

Lurah Selindung, Musyadi mengucapkan terima kasih atas adanya pemberian bibit cabai dan berharap kedepannya akan ada pembagian bibit tanaman lain selain cabe mengingat lahan di kelurahan Selindung yang masih kosong.

“Pembagian bibit cabe ini mengingat inflasi harga cabe di pasaran utamanya provinsi kita Bangka Belitung yang masih sangat tinggi. Tentunya hal ini memberatkan ibu-ibu ya. Jadi, harapan kami dengan adanya bibit cabe ini dapat menekan lonjakan harga di pasaran," ujarnya.

Penyerahan bibit dilakukan secara simbolis di rumah ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Bugenpil Kelurahan Selindung dan dihadiri oleh ibu-ibu KWT Bugenpil, Kades, Lurah Selindung, Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang beserta staf, dan Sekretaris Dinas Pangan Provinsi beserta tim.