Setelah meluncurkan smart SIM, Korlantas POLRI akan melakukan Digitalisasi STNK -->

Menu Atas

DESKRIPSI GAMBAR
Loading...

Setelah meluncurkan smart SIM, Korlantas POLRI akan melakukan Digitalisasi STNK

Friday, 1 November 2019

Rencana tersebut saat ini masih dibahas oleh stakeholders terkait. Forum diskusi pun sudah dilakukan dengan mengundang beberapa instansi terkait seperti Bappeda, Dishub dan lainnya, gambar ilustrasi (2/11/2019).

PAWARTANUSANTARA.COM - Korlantas polri terus melakukan inovasi dalam pelayanan masyarakat di bidang lalu lintas. Setelah meluncurkan smart SIM. Korlantas POLRI akan melakukan Digitalisasi Surat tanda Nomor Kendaraan (STNK) Polisi Ubah Bentuk STNK dari Kertas ke Kartu ATM.

Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) Polri terus melakukan inovasi dalam pelayanan masyarakat di bidang lalu lintas. Setelah meluncurkan smart SIM, Korlantas akan melakukan digitalisasi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

STNK yang diketahui masyarakat saat ini dalam bentuk kertas. Dua kertas tersebut berisi Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran, yang dimasukkan ke kantong plastik.

Namun, rencananya Korlantas akan merubah bentuk STNK dari kertas menjadi sebuah kartu.

Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Halim Pagarra membenarkan perihal rencana tersebut. "Iya benar (ada rencana itu)," kata Halim kepada VIVAnews, Jumat, 1 November 2019.

Halim menambahkan, rencana tersebut saat ini masih dibahas oleh stakeholders terkait. Forum diskusi pun sudah dilakukan dengan mengundang beberapa instansi terkait seperti Bappeda, Dishub dan lainnya. "FGD (Forum Group Discussion) sudah dilakukan," ujarnya.

Dari hasil FGD tersebut, Halim menyebut mendapatkan respon yang baik. Mengenai beredarnya contoh STNK dalam bentuk kartu, mantan Dirlantas Polda Metro Jaya ini menuturkan, gambar tersebut masih sebatas konsep. "Itu konsep ya. Belum final," ujarnya.