Akibat Hujan Deras, Rel KA Rute Sukabumi-Bogor Menggantung
Loading...

Akibat Hujan Deras, Rel KA Rute Sukabumi-Bogor Menggantung

Admin
Friday, 6 December 2019

Longsor itu pertama kali diketahui warga setempat yang langsung melaporkan kejadian itu kepada Relawan Khatulistiwa, Sabtu (7/12/2019).

PN.COM - Sukabumi, Hujan deras di Sukabumi, Jawa Barat, ikut menggerus landasan rel kereta api (KA) rute Sukabumi-Bogor. Akibat tergerus air, rel KA tersebut 'menggantung'.

Longsor itu pertama kali diketahui warga setempat yang langsung melaporkan kejadian itu kepada Relawan Khatulistiwa. Mereka kemudian membersihkan material tanah longsor yang sempat masuk ke permukiman rumah warga.

"Posisi rel menggantung sepanjang kurang lebih 7 meter, tanah yang terkikis sedalam 4 meter ke bawah. Mungkin akibat hujan, longsoran menutup saluran pembuangan sehingga air menggenang dan sempat masuk ke rumah warga, kita tadi bantu warga membersihkan saluran yang mampat," kata Ketua Relawan Khatulistiwa, Jajang, kepada detikcom, Jumat (6/12/2019) malam.

Proses pembersihan material tanah sendiri sudah selesai dilakukan Relawan Khatulistiwa dan warga. Mereka juga langsung menghubungi petugas KAI.

"Tadi petugas langsung datang dan mungkin saat ini sudah mulai proses perbaikan," imbuhnya.

Dikonfirmasi terpisah, Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa menyebut pihaknya telah melakukan penanganan longsor di jalur KA yang berada di Kampung Cicewol, Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Sukabumi, tersebut. Menurutnya peristiwa itu dipicu cuaca buruk.

"Jalur Kereta Api (KA) lintas Bogor-Sukabumi mengalami gangguan longsor. Longsor terjadi di antara jalur stasiun Parung Kuda - Cicurug, tepatnya KM 28+2/3. Akibat bencana longsor pada lintas tersebut jalur KA harus dilakukan perbaikan," ungkapnya, dilansir detikcom (7/12/2019).

Ia menambahkan, pihaknya segera melakukan pemeriksaan oleh tim unit Jalan dan Jembatan Daop 1 Jakarta. Untuk saat ini longsor pada lintas tersebut tidak mengganggu perjalanan KA karena pada waktu kejadian, sudah tak ada operasional KA yang melintasi lokasi longsor.

"Terdapat sekitar 7 meter jalur rel yang terimbas longsor secara langsung. PT KAI Daop 1 Jakarta terus berupaya untuk meminimalisir terganggunya perjalanan kereta api (KA) di lintas Bogor-Sukabumi melalui upaya maksimal untuk perbaikan dapat selesai sebelum KA pertama dari Stasiun Sukabumi beroperasi pada Sabtu 7 Desember 2019," tandasnya.