Fenomena gerhana matahari cincin lewati 25 Kota, ini waktu nya -->

Menu Atas

DESKRIPSI GAMBAR
Loading...

Fenomena gerhana matahari cincin lewati 25 Kota, ini waktu nya

Saturday, 14 December 2019

Gerhana Matahari Cincin Lewati 25 Kota Kabupaten di 7 Provinsi, Saksikan Penampakannya 26 Desember.

PN.COM, Jakarta - Fenomena alam langka berupagerhana matahari cincin bakal terjadi di langit Indonesia.

Fenomena yang diprediksi terjadi pada 26 Desember 2019 tersebut, bakal melewati sedikitnya 25 Kota dan Kabupaten di Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, jalur cincingerhana matahari akan melewati 25 kota dan kabupaten di tujuh provinsi. Yakni, Aceh, Sumatra Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

"Sementara daerah lainnya mengalami gerhana matahari sebagian," kata BMKG dalam siaran pers, Rabu (11/12) lalu.

Gerhana matahari cincin terjadi kala matahari, bulan, dan Bumi tepat segaris. Saat itu, piringan bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil dari piringan Matahari.

"Akibatnya, saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya," ujar BMKG.

Selain Indonesia, wilayah yang menjadi jalur cincin gerhana matahari pada 26 Desember nanti adalah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Sri Lanka, Singapura, dan Malaysia.  

Sebelumnya, gerhana matahari cincin di Indonesia terjadi pada 26 Januari 2009 dan 22 Agustus 1998 lalu.

Sedang di masa datang, fenomena ini bakal terjadi pada 21 Mei 2031 dengan jalur cincinnya melewati Kalimantan, Sulawesi, dan dan Maluku.

Kemudian, gerhana matahari cincin pada 14 Oktober 2042 yang jalur cincinnya melewati melewati Kalimantan, Sulawesi, dan  Nusa Tenggara.

Info saja, gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semua sampai ke Bumi.

Fenomena yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan matahari, Bumi, dan bulan ini terjadi saat fase bulan baru.