Kapal Pesiar MV Aqua Blu, tabrak Karang di Raja Ampat Papua di Amankan -->

Menu Atas

DESKRIPSI GAMBAR
Loading...

Kapal Pesiar MV Aqua Blu, tabrak Karang di Raja Ampat Papua di Amankan

Tuesday, 24 December 2019


PN.COM, Raja Ampat  – Piket penjagaan KP. Anggada – 7016 mendapatkan informasi bahwa pada posisi koordinat 00°10.001′ N – 130°01.003 E Pulau Wayag Distrik Waigeo Barat Kabupaten Raja Ampat Papua Barat, Kapal MV. Aqua Blu yang dinakhodai Sdr. ARNI BRZAC mengalami kandas dengan kondisi draft kapal depan 3,85 meter dan belakang 4,01 meter.

“Menindak lanjuti laporan tersebut, Tim kami lalu berkoordinasi dengan piket penjagaan Ditpolairud Polda Papua Barat, lalu kita bentuk Tim Gabungan dan segera bergerak menuju ke lokasi”, ujar Kompol Zuhdi Gozali Komandan KP. Anggada-7016

Selain melakukan pengecekan di lokasi kapal kandas, Tim Gabungan juga melakukan pemeriksaan pada lunas Kapal MV. Aqua blu.

“Hasil pemeriksaan, kami menemukan bekas serpihan cat dan bekas adanya tanda kapal kandas pada dasar laut sepanjang lebih kurang 12 M di atas karang, dan silokasi kami juga menemukan banyak karang yang rusak,” sambung Kompol Zuhdi Gozali Komandan KP. Anggada-7016

“Selanjutnya kami lakukan pemeriksaan pada kapal MV. Aqua Blu, hasil penyelidikan kami di TKP kami samakan dengan penemuan kami pada lambung kapal, ternyata kami menemukan adanya goresan kapal sepanjang 15 M dan cat tersebut sesuai dengan serpihan cat yg ditemukan di tempat kandasnya kapal MV. Aqua Blu, lanjut keterangan Kompol Zuhdi Gozali Komandan KP. Anggada-7016.

“Berdasarkan kedua fakta awal yang kita temukan tersebut, maka kita amankan kapal MV. Aqua Blu karena patut diduga telah melanggar Pasal 98 ayat (1) dan atau pasal 99 ayat (1) UU RI No 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan pasal 40 ayat (1) dan atau ayat (3) UU No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati Dan Ekosistemnya”, tegas Kompol Zuhdi Gozali Komandan KP. Anggada-7016.

Guna penyelidikan dan pengembangan serta penyidikan  lebih lanjut, Kapal MV. Aqua Blu diamankan di Waysai Papua Barat.- (Bid Humas Polda Papua Barat).