Pantai Bohay (Binor Harmony), diselimuti buih putih
Loading...

Pantai Bohay (Binor Harmony), diselimuti buih putih

Admin
Sunday, 8 December 2019

Pengelola pantai wisata: Buih tersebut sangat mengganggu keindahan pantai, (9/12).

PN.COM, Probolinggo - Pantai Bohay (Binor Harmony) di Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur diselimuti buih putih. Diduga buih tersebut berasal dari limbah pembangkit listrik PLTU Paiton.

Kemunculan buih sejak Jumat (6/12/2019) tersebut mengagetkan para pengunjung. Mereka dibuat penasaran dengan fenomena buih atau busa di sepanjang bibir pantai.

Pengelola wisata Pantai Bohay, Anton Marsono mengatakan, buih tersebut sangat mengganggu keindahan pantai. Bila dipegang, kata dia, buih terasa gatal. “Kalau dipegang agak gatal di tangan,” ucapnya, Minggu (8/12/2019).

Dia menduga buih tersebut berasal dari pembangkitan listrik PLTU Paiton unit 9. Anton berharap fenomena buih tersebut bisa segera di atasi karena akan berbahaya dan mengganggu kesehatan wisatawan.

Manager Pemeliharaan Lingkungan Hidup PJB Unit 9 PLTU Paiton, Suyanto mengakui buih yang menyelimuti bibir Pantai Bohay berasal dari limbah pendingin kondensor PLTU. “Ya, buih ini dari pendingin kondensor PLTU. Tapi, buih tersebut tidak berbahaya bagi lingkungan,” katanya.

Menurut Suyanto, PLTU Unit 9 Paiton sudah berupaya mengecek sistem dan tidak ada gangguan. “Tapi, kami akan secepatnya membersihkan buih di Pantai Bohay ini,” ucapnya.