Wacana hukuman mati, Nasdem angkat bicara
Loading...

Wacana hukuman mati, Nasdem angkat bicara

Admin
Tuesday, 10 December 2019

Nasdem : Jadi kita ingin mengedepankan agar keadilan restoratif lah yang kita terapkan dalam proses pemidanaan hukum pidana dan pemidanaan ke depan, (10/12/2019).

PN.COM, Jakarta - Anggota Komisi III dari Fraksi Nasdem, Taufik Basari angkat bicara mengenai wacana Presiden Joko Widodo perihal hukuman mati bagi para koruptor.

Nasdem memiliki pandangan tersendiri mengenai hukuman mati tersebut dan tidak menolak maupun menyetujui. Menurutnya, Nasdem ingin kedepankan keadilan yang kembali pada undang-undang.

“Jadi kita ingin mengedepankan agar keadilan restoratif lah yang kita terapkan dalam proses pemidanaan hukum pidana dan pemidanaan ke depan,” ucap Taufik di komplek parlemen, Senayan, dilansir RMOL Selasa (10/12).

Taufik mengatakan, saat ini sistem pemidanaan Indonesia sudah moderen, tidak lagi atributif seperti penghukuman dengan alasan membalas orang yang melakukan tindakan korup.

“Tapi sekarang ini sudah sudah restoratif, sudah memperbaiki keadaan, memperbaiki korban memperbaiki termasuk pelaku,” katanya.

Dengan adanya hukuman mati, lanjut Taufik, tidak solutif dan dianggap tidak mampu memperbaiki sikap pelaku tindak korupsi.

“Nah yang jadi problem dalam hukuman mati ini adalah kita tidak punya kesempatan untuk memperbaiki si pelaku, mau kejahatannya apapun itu,” tandasnya.