Ada apa TNI terbangkan 4 pesawat tempur ke Natuna -->
DESKRIPSI GAMBAR
Loading...

Ada apa TNI terbangkan 4 pesawat tempur ke Natuna

Tuesday, 7 January 2020

TNI: Operasi ini adalah operasi rutin. Cuma wilayah kita adalah wilayah barat, untuk kali ini istilahnya bertempat di Natuna. Operasi ini operasi rutin yang kita geser wilayahnya ke Natuna.

Pekanbaru, PNCOM - Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru hari ini menerbangkan 4 pesawat tempurnya ke Natuna Kepri. Pesawat tempur F-16 itu akan melaksanakan operasi Lintas Elang 20.

"Operasi ini adalah operasi rutin. Cuma wilayah kita adalah wilayah barat, untuk kali ini istilahnya bertempat di Natuna. Operasi ini operasi rutin yang kita geser wilayahnya ke Natuna," kata Komandan Lanud Rsn, Marsekal Pertama Ronny Irianto Moningka kepada wartawan, dilansir detikcom, Selasa (7/1/2020).

Ronny menjelaskan, pergeseran 4 pesawat tempur F-16 ke Natuna merupakan perintah dari Panglima TNI Marsekal Hadi Thjahjanto. Namun demikian, menurutnya ini merupakan latihan rutin.

"Operasi Lintas Elang pada dasarnya pengamanan wilayah kedaulatan NKRI. Hari ini kita berangkatkan," kata Ronny.

Ronny menjelaskan, selama menjalankan operasi rutin tersebut pihaknya tidak akan melakukan provokasi pada pihak manapun. Namun operasi tersebut untuk menjaga wilayah NKRI.

"Kekuatan yang kita turunkan satu flight pesawat F16. Pesawat ini akan kita siapkan di Pangkalan TNI AU di Natuna. Perintahnya bergeser dulu nanti untuk berapa lamanya menyesuaikan perintah pimpinan," kata Ronny.

Untuk personel, sambung Ronny, ada 6 penerbang ditambah 60 kru termasuk teknisi.

"Kalau bicara kesiapan, ya pada pada dasarnya menyiapkan seluruh personel, penerbang, pesawat untuk siap selalu melakukan operasi," kata Ronny.