Kemendikbud diminta sesus Sekolah rusak -->

Menu Atas

DESKRIPSI GAMBAR
Loading...

Kemendikbud diminta sesus Sekolah rusak

By: PAWARTA tv
Tuesday, 14 January 2020


DPR: Sensus ini merupakan kebutuhan, untuk mengetahui mana gedung-gedung sekolah yang tidak memenuhi standar dan mana yang sudah memenuhi standar.

Jakarta PNCOM - Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Syaiful Huda meminta agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) segera melakukan sensus sekolah rusak.

"Sensus ini merupakan kebutuhan, untuk mengetahui mana gedung-gedung sekolah yang tidak memenuhi standar dan mana yang sudah memenuhi standar," ujar Huda di Jakarta, Selasa, (14/1).

Ia menambahkan sensus itu perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kasus sekolah ambruk yang menyebabkan siswa dan guru menjadi korban.

Untuk itu, Huda meminta agar dilakukan sensus untuk mengetahui dimana saja gedung sekolah yang sudah ambruk, yang berpotensi ambruk, maupun yang dalam kondisi bagus.

"Bagi sekolah yang ambruk dan berpotensi ambruk diharapkan segera dilakukan revitalisasi," tambah politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Huda meminta agar sekolah dapat menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi anak-anak belajar, maupun bagi guru dalam mengajar.

Selain itu, dia juga meminta agar pembangunan sekolah dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur. "Jangan sekedar membangun saja, harus sesuai dengan standar yang ada," imbuh dia dilansir Antara (14/1/2020).

Melalui sensus sekolah rusak tersebut, Huda juga meminta agar bisa dilakukan tindakan pencegahan jika ditemukan kondisi bangunan sekolah yang tidak layak.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan sensus terhadap sekolah rusak akan dilakukan pada 2020. Sensus itu dilakukan bersama dengan Dinas Pendidikan di daerah.