Monumen alutsista pesawat Cureng AURI, diharapkan tingkatkan kesadaran bela negara -->

Menu Atas

DESKRIPSI GAMBAR
Loading...

Monumen alutsista pesawat Cureng AURI, diharapkan tingkatkan kesadaran bela negara

By: PAWARTA tv
Wednesday, 15 January 2020


Salatiga PNCOM - Salatiga merupakan tempat yang sarat dengan nilai sejarah perjuangan bangsa, khususnya bagi TNI AU. Setiap tahun pada tanggal 29 Juli diperingati sebagai Hari Bakti TNI AU yang dilatarbelakangi peristiwa penyerangan tangsi Belanda di Semarang, Ambarawa, dan Salatiga oleh para penerbang TNI AU menggunakan pesawat tempur peninggalan Jepang serta peristiwa tertembaknya pesawat Dakota VT-CLA di Ngoto, Yogyakarta sebagai aksi balas dendam pasukan Belanda atas penyerangan tiga kota pada dini hari itu.

Sekjen Kemhan RI Laksdya TNI Dr. Agus Setiadji, S.A.P., M.A., meresmikan pencanangan pembangunan Taman Wisata Sejarah Salatiga (TWSS) di Bugel, Sidorejo, Kotamadya Salatiga, Rabu (15/1/2020). 


Sekda Kodya Salatiga Drs. Fahruroji selaku panitia pembangunan TWSS mengatakan, inisiatif pembangunan TWSS ini merupakan kerja sama Pemkot Salatiga dengan Kemhan RI di atas lahan seluas 4 hektar di Kelurahan Bugel, Kecamatan Sidorejo, Kodya Salatiga.

Di TWSS saat ini dibangun monumen alutsista pesawat Cureng AURI, panser Saladin, tank AMX 13 Canon 105/75, replika KRI Matjan Tutul 62, patung tiga pahlawan nasional yang mewakili trimatra TNI, Komodor Laut Yos Sudarso (TNI AL), Laksda Udara Adisutjipto (TNI AU), dan Brigjen Soediarto (TNI AD) yang merupakan putra asli Salatiga.

Sementara itu, Sekjen Kemhan RI dalam sambutannya mengatakan, Salatiga sangat terkait dengan nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa sehingga dipandang perlu untuk membuat sebuah taman yang mampu memberikan nilai edukasi, meningkatkan kesadaran bela negara masyarakat, dan melestarikan sejarah perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Hadir pada acara ini, Deputi Pengembangan Destinasi Kemenparekraf RI Dadang Rizky Rahman, Walikota dan Forkopimda Kotamadya Salatiga, unsur DPRD Kodya Salatiga,  pejabatKemhan RI, TNI AD, TNI AL, TNI AU dan keluarga pahlawan asal Salatiga.