Pengguna Dana Desa (DD) Kalibalangan tahun 2019, Diduga banyak penyimpangan -->

Menu Atas

DESKRIPSI GAMBAR
Loading...

Pengguna Dana Desa (DD) Kalibalangan tahun 2019, Diduga banyak penyimpangan

By: PAWARTA tv
Monday, 20 January 2020


Lampung Utara PNCOM- Hasil pantauan Tim dan berdasarkan Informasi masyarakat setempat ada nya indikasi, dugaan mar-Up dan penyimpangan dalam pengelolaan Anggaran dana desa (DD)Tahun 2019 di Desa Kalibalangan dan Hasil pantauaan tim di lokasi pekerjaan bangunan, tidak ada nya ditemukan papan informasi dari beberapa bangunan yang ada.

Desa Kali Balangan Kecamatan Abung selatan,  terindikasi,oknum Kepala Desa Husein, mar-Up dana desa DD Tahun  2019, yang mana dalam pengelolaan dan pelaksanaan pengerjaan bangunan DD masyarakat Desa setempat tidak di libatkan dalam pengerjaan nya. berdasarkan informasi dari beberapa masyarakat, berinisial H, dusun 4, me jelas kan,"setau saya jalan onderlagh dusun 4 itu tidak di Warles alat berat, cuma bagian RT di sebelah sana saja, bang,"kata warga setempat . TK, inisial warga dusun setempat ia membenar kan,"tidak ada alat berat pak, seharusnya di buat kan gorong-gorong biar jalannya tidak rusak,"ucap, TK, saat di konfirmasi awak media.

Diri nya juga mengungkap kan, "Bukan itu saja bang, Drenase yang ada di belakang, masuk dari gang ini, ada juga bangunan Onder lagh, yang sudah sebelumnya di kerjakan tahap ll yang lalu. selain itu kemarin kerjaan itu di borong kan sama pak Buyung, nama pemborong nya,"ungkap TK, bercerita, selaku warga Desa Kalibalangan dusun 4 , Senin (20/01/2020). 

Pantauan di lokasi dari beberapa pembangunan di Desa kalibalangan yang menyalahi aturan yang mana tidak sesuai dengan RAB dan menyalahi peraturan yang ada dalam (PERMENdes) selain itu yang seharus nya lebih di jadikan sekala Prioritas Padat Karya dan Swakelola tidak di jadikan Acuan dalam (PERMENdes). 

Selain itu juga saat Awak Media melakukan pantauaan dilapangan kami juga menemukan beberapa aitem pekerjaan selain jalan onderlagh tersebut yaitu Sumur bor yang terletak di Dusun 06 Rt 03 sangat miris bahkan  pipa penyaluran air nya pun belum terpasang sementara warga sangat mengeluhkan mengingat pasca kemarau yang sangat panjang bulan lalu sangat membutuhkan air tersebut.

Dan juga pekerjaan Drainase yang sempat diborong kan kepada pihak lain (BUYUNG) itupun sangat disesalkan mengingat alokasi dana desa (DD) yang seharusnya bersifat swakelola/padat karya guna mensejahterakan masyarat lingkungan setempat.

Sampai berita ini ditayangkan HUSEN selaku kepala desa(KADES) Kalibalagan belum bisa di hubungi, bahkan awak media mengunjungi nya ke kediaman nya tidak ada ditempat.

Kepada Pemerintahan kabupaten Lampung Utara, seperti PMD, inspektorat, Pihak Kepolisiaan, Lalu kapolda dan Kejati diminta bertindak tegas adanya dugaan Mar' UP yang dilakukan oleh Oknum Kades desa kalibalangan Kecamatan Abung Selatan ini. (apl)