Pahami tentang penyebaran Virus Corona, Untuk menangkalnya -->
DESKRIPSI GAMBAR
Loading...

Pahami tentang penyebaran Virus Corona, Untuk menangkalnya

Monday, 2 March 2020



Jaga kita tetap aman dari jangkauan partikel virus yang besar. 

Jakarta (PNCOM)- ada hal-hal yang perlu dipahami tentang penyebaran Virus Corona. Virus ini menyebar ketika partikel virus masuk ke dalam mata/hidung/mulut orang sehat. Jadi ketika melihat orang yang batuk/bersin/sakit, kita bisa menjaga jarak. Jarak 2 - 0,5 meter akan menjaga kita tetap aman dari jangkauan partikel virus yang besar. Atau berikan mereka masker. Mereka akan batuk/bersin di dalam masker untuk melindungi orang-orang di sekitar.

Secara umum, hindarilah keramaian, karena kita tidak tahu siapa saja yang kemungkinan sedang sakit. Orang yang sudah terinfeksi bisa jadi tidak menunjukkan gejala apapun, namun mereka masih dapat menularkan penyakitnya. Meskipun begitu, terkadang air liur orang yang sakit dapat menempel pada tangan mereka, kenop pintu, pulpen, mouse, pegangan kereta, tisu, gelas, alat makan, perangkat digital, tombol lift, pegangan tangga, dan lain-lain, bahkan di bagian luar masker orang yang sehat.

Jika kamu tidak sengaja menyentuh benda-benda itu, lalu menyentuh wajahmu, mengucek mata, atau wajah orang terdekatmu, kalian semua bisa jatuh sakit. Virus ini dapat menempel pada permukaan benda lebih dari 24 jam dan satu-satunya cara yang efektif untuk membasminya adalah dengan mencucinya dengan sabun.

Oleh karena itu, sebaiknya kita mengikuti 5 langkah pencegahan :
1. Jangan menyentuh wajahmu (atau wajah orang lain). Kalau memang harus, cucilah tanganmu dengan sabun secara menyeluruh terlebih dahulu. Apa yang dimaksud dengan ‘menyeluruh’? Cucilah bagian belakang telapak, sela-sela jari, bagian bawah kuku, selama 20 detik.
2. Buanglah masker setelah terasa kotor. Jangan pakai masker lebih dari satu hari! Bakteri dapat berkembang biak di dalam maskermu jika dipakai terlalu lama. Usahakan jangan menyentuh bagian. Kalaupun terlanjur, jangan khawatir, segera cuci tanganmu dengan sabun.
3. Jangan berbagi makanan, alat makan, gelas, handuk.
4. Jika bisa, usahakan membuka dan menutup pintu dengan siku atau bahumu. Karena siku atau bahu hampir tidak bisa menyentuh wajah.
5. Selalu cuci tanganmu dengan sabun, sebelum makan dan setelah pergi ke tempat umum.