Virus Corona: Masyarakat diminta tetap waspada, tenang beraktivitas
Loading...

Virus Corona: Masyarakat diminta tetap waspada, tenang beraktivitas

Tuesday, 3 March 2020



Virus Corona, Presiden Jokowi: Masyarakat tetap waspada tenang, beraktivitas seperti biasa.

Jakarta (PNCOM)- Kasus corona di Indonesia terbilang baru dibanding negara tetangga yang lebih dulu memiliki pasien infeksi ini, dan jumlahnya puluhan bahkan ratusan. 

Pengumuman kasus pertama corona di Indonesia menuai kepanikan, warga menyerbu toko-toko memborong barang kebutuhan hingga harga masker melambung tinggi.

Jokowi mengatakan pemerintah telah menyiapkan 100 rumah sakit dilengkapi ruang isolasi virus corona dengan standar WHO.

Pemerintah mengklaim memiliki tim gabungan TNI/Polri dengan sipil untuk menghadapi risiko penyebaran virus corona. Indonesia dikabarkan tengah mempersiapkan crisis center penanganan infeksi mematikan tersebut.

Seperti yang disampaikan Presiden Jokowi dalam laman resminya (3/3/2020).

Selamat sore. Kemarin, saya telah menyampaikan adanya dua pasien warga negara Indonesia yang positif terinfeksi virus korona. Pemerintah juga telah melacak dan mengawasi orang-rang yang sempat melakukan kontak dengan keduanya.

Pemerintah berupaya maksimal untuk mencegah titik awal penularan ini meluas menjadi wabah di dalam negeri. 

Dua kasus ini akan ditangani sebaik-baiknya oleh pemerintah. Pemerintah juga siap menjaga dan melindungi masyarakat dari kasus korona ini. Di sinilah solidaritas sosial kita diuji.

Saya juga berharap masyarakat tetap waspada, tetap tenang, beraktivitas seperti biasa. Virus korona ini gejalanya mirip flu, dan faktanya, sebagian besar pasien baik di RRT, Jepang, Iran, sampai Italia dapat sembuh dan pulih kembali. Jadi kita tidak perlu terlalu ketakutan masalah ini, tetapi tetap harus hati-hati dan waspada dalam setiap beraktivitas.