Dindik Tangsel: Sekolah swasta diminta beri keringanan biaya pendaftaran -->

Menu Atas

DESKRIPSI GAMBAR
Loading...

Dindik Tangsel: Sekolah swasta diminta beri keringanan biaya pendaftaran

By: PAWARTA tv
Thursday, 14 May 2020



Pihak sekolah yang berlabel swasta di Kota Tangsel agar memberi keringanan biaya pendaftaran bagi calon peserta didik baru.

Tangerang Selatan- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan, Taryono mengimbau kepada pihak sekolah yang berlabel swasta di Kota Tangsel agar memberi keringanan biaya pendaftaran bagi calon peserta didik baru.

Taryono mengatakan imbauan tersebut disampaikan mengingat situasi wabah virus corona yang berdampak akan ekonomi di kalangan masyarakat.

Serta, jelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020 pada bulan Juni mendatang.

"Banyak masyarakat yang terdampak Covid-19 secara ekonomi, maka imbauan kepada sekokah swasta, agar memberikan keringan besaran kewajiban orang tua siswa atau sebagian dibayarkan pada tahun berikutnya," kata Taryono saat dikonfirmasi di Tangsel, Rabu (13/5/2020).

Sementara itu, pihaknya telah memastikan pelaksanaan PPDB tahun ini dengan sistem online atau daring.

Ia menjelaskan, langkah itu dilakukan demi menghindari adanya kerumunan orang di tengah situasi wabah virus corona yang belum dapat dipastikan waktu berakhirnya penyebaran.

"Semua jenjang pendidikan baik sekolah negeri maupun swasta dilaksanakan secara daring (jarak jauh). Tidak ada kerumunan orangtua siswa atau calon peserta didik di sekolah. Ini untuk mencegah transmisi virus corona," jelasnya.

Di sisi lain, Taryono memastikan bila akan melakukan pengawasan PPDB di sekolah berstatus negeri.

Hal tersebut dilakukan demi menghindari adanya permintaan biaya terhadap orang tua siswa saat melakukan pendaftaran untuk anaknya mengingat tak ada pungutan biaya dalam pendaftaran sekolah negeri.

"Gratis, tentu akan ada sanksi tegas bagi yang memungut biaya," kata Taryono.

Adapun pelaksanaan PPDB online terbagi sesuai jenjang pendidikan yakni TK, SD, dan SMP.

Pada PPDB TK Pembina berlangsung mulai 8-13 Juni 2020.

Sedangkan untuk tingkat SD, PPDB berlangsung pada 8-20 Juni 2020.

Sementara jenjang SMP, pendaftaran dibagi menjadi dua gelombang berdasarkan jalur.

Yang pertama, jalur zonasi, afirmasi, dan perpindahan orang tua atau wali, dibuka pendaftaran pada 16-20 Juni 2020, sedangkan pengumuman pada 26 Juni 2020.

Ke dua untuk jalur prestasi akademik nilai rapor dan prestasi lomba, pendaftaran pada 30 Juni-2 Juli 2020, dan pengumuman pada 6 Juli 2020.