Flyover Gaplek di Pondok Cabe, Pamulang diharapkan selesai tahun ini -->

BABE

Flyover Gaplek di Pondok Cabe, Pamulang diharapkan selesai tahun ini

By: M Abdul Rosyid
Friday, 1 May 2020


Keunikan flyover ini adalah adanya tiga terowongan melengkung setengah lingkaran di bawah lintasan flyover. 

Tangerang Selatan- Proyek flyover Gaplek di Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan mulai ada bentuknya. Flyover ini melintang 1 kilometer sepanjang Jalan Raya Jakarta-Bogor, memiliki lebar 35 meter.
Jalan layang ini nantinya akan menghubungkan lalu lintas dari arah Ciputat menuju Parung. Tujuan pembangunan flyover ini adalah mengurangi kemacetan di simpang Gaplek.

Para pekerja terpantau masih bekerja, (30/4) meski di tengah masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Pekerja tampak tengah menyelesaikan dinding samping flyover. Jika dilihat dari jauh, jalan menuju flyover sudah mulai terbentuk.
Hanya saja, masyarakat masih belum diizinkan untuk mencoba melintas naik ke atas flyover. Beberapa pekerja masih melakukan pengaspalan secara bertahap di permukaan jalan yang berada di atas flyover.

Proyek ini telah berjalan sejak Desember 2019. Diharapkan proyek ini bisa selesai tahun ini, setidaknya di akhir tahun.

"Insyaallah katanya kelar tahun ini, paling akhir tahun. Dibangunnya mulai tahun baru kemarin, Desember kayaknya kita mulai kerja," kata salah satu pekerja.

Keunikan flyover ini adalah adanya tiga terowongan melengkung setengah lingkaran di bawah lintasan flyover. Dari hasil pantauan, bentuk terowongan ini sudah selesai hanya menyisakan pekerjaan dinding sampingnya saja.

Di bawah terowongan tersebut telah dibuat sebuah pos pantau untuk memantau kendaraan lalu lalang, namun belum difungsikan. Sebagiannya sedang dijadikan area berumput dan fasilitas pejalan kaki.

Dari informasi yang dihimpun detikcom, proyek ini digarap oleh PT Likitama Graha Mandiri. Proyek berjalan dengan nilai kontrak sebesar Rp 79,9 miliar dengan sistem multiyears contract.

Pemerintah sendiri menganggarkan Rp 98,4 miliar untuk proyek ini. Anggaran itu berasal dari APBN 2019-2020 Kementerian PUPR.