4 Metode Analisis Laporan Keuangan yang Dapat Anda Pilih -->
DESKRIPSI GAMBAR
Loading...

4 Metode Analisis Laporan Keuangan yang Dapat Anda Pilih

Monday, 6 July 2020

Ilustrasi.

By Frida tis’a zam-zamiyah

Seperti yang kita tahu, laporan keuangan sangat penting untuk mendapatkan gambaran yang jelas dan mendasar guna mengevaluasi kinerja dan memproyeksi strategi di masa depan secara lebih baik. Laporan keuangan juga sangat penting untuk mendukung keberhasilan sebuah usaha dan memastikan risiko yang dihadapi di kemudian hari dapat diminimalisir.
Analisis laporan keuangan sebagai bagian dari analisis bisnis berupaya untuk mendukung penilaian terhadap prospek dan risiko perusahaan bagi kepentingan pengambilan keputusan dengan cara melihat posisi dan kinerja keuangan. Selain itu juga untuk mengevaluasi lingkungan bisnis perusahaan dan strategi yang diambilnya. Analisis ini dibutuhkan untuk mengurangi ketergantungan pada intuisi para pihak pengambil keputusan akibat ketidakpastian dalam aktivitas bisnis yang sifatnya kompleks. Oleh karena pada analisis jenis ini, beberapa alat dan teknik diaplikasikan untuk mendapatkan estimasi dan kesimpulan yang bermanfaat dengan sumber pada laporan keuangan yang merupakan cerminan dari aktivitas operasional, investasi, dan pendanaan sebagai objek analisis.
Pada kesempatan kali ini penulis akan mengajak para pembaca untuk mengetahui 4 metode analisis laporan keuangan yang dapat dipilih untuk memperoleh ukuran-ukuran, hubungan, ataupun informasi lainnya yang dapat digunakan untuk menilai posisi keuangan perusahaan dan membantu proses pengambilan keputusan. Dalam menganalisis laporan keuangan terdapat beberapa teknik, berikut ini 4 metode yang dapat Anda pilih.

1. Metode Komparatif
Metode komparatif atau perbandingan digunakan dengan cara menggunakan angka-angka di laporan keuangan dan membandingkan dengan angka-angka yang ada di laporan keuangan tahun sebelumnya. Dengan cara lain, Anda dapat membandingkan masing-masing pos laporan keuangan yang relevan atau data yang signifikan sehingga metode ini juga dikenal dengan istilah metode analisis rasio. Untuk melakukan metode komparatif dapat melalui dua pendekatan. Pertama ada pendekatan year to year change, dan kedua ada pendekatan index number trend series. Pendekatan pertama membandingkan perubahaan dari tahun ke tahun. Sedangkan dalam pendekatan kedua menggunakan indeks tren pada jangka waktu yang telah ditentukan.
2. Metode Analisis
Metode dengan menggunakan teknik perbandingan laporan keuangan beberapa tahun dan kemudian menggambarkan tren atau grafiknya. Metode ini sangat berhubungan dengan data-data berupa angka dan grafik, untuk itu dalam penyusunannya akuntan harus memiliki pengetahuan tentang statistik. Salah satunya adalah pemahaman dalam memanfaatkan rumus program linear. Pada umumnya, metode analisis tren disajikan dalam bentuk grafik.. Misalnya, seperti menggunakan rumus program linier y = a + bx. Teknik tren dapat digunakan untuk memproyeksikan laporan keuangan di masa depan dengan menggunakan data historis.
3. Metode Common Size Financial Statement
Dalam metode common size financial statement, analisis disajikan dalam persentase per komponen aktiva. Analisisnya disusun dengan cara menghitung tiap pos dalam laporan laba-rugi dan neraca hingga tampak proporsi total penjualan (laporan laba-rugi) atau pun dari total aktiva (neraca).

Dengan menggunakan metode ini, dapat diketahui beberapa informasi sebagaimana berikut:

Komposisi aktiva (berupa investasi) perusahaan, berisi gambaran tentang posisi relatif dari aktiva lancar terhadap aktiva tak lancar.
Struktur modal (komposisi pasiva), berisi gambaran tentang posisi relatif dari utang perusahaan terhadap modal.
JIka metode ini diterapkan untuk menyusun laporan laba-rugi, maka dapat diketahui gambaran tentang distribusi dari tiap Rp1,00 penjualan dalam masing-masing elemen biaya serta laba. Berbeda dengan saat Anda menggunakan metode analisis komparatif, yang terlihat justru perubahan pada distribusinya.

4. Metode Index Time Series
Metode index time series menggunakan perbandingan data historis, sama seperti pada metode analisis tren. Bedanya, pada analisis tren perhitungannya menggunakan statistik, sedangkan untuk index time series yang digunakan adalah laporan keuangan pada waktu tertentu (tahun dasar) yang kemudian dijadikan indeks. Metode ini dihitung dengan cara menggunakan laporan keuangan yang dijadikan sebagai indeks dan dipilih sebagai tahun dasar. Biasanya tahun dasar yang dipilih/ditetapkan diberi indeks 100.

Dengan mengenal tentang metode analisis laporan keuangan, Anda akan lebih mudah menyajikan laporan keuangan perusahaan. Untuk lebih memahami tentang analisis keuangan, Anda bisa mengikuti kursus bidang keuangan. Dan jika Anda mengalami kesulitan saat menyusun laporan keuangan, Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi untuk membuat laporan keuangan dengan cepat dan tepat.