BMKG: Diperkirakan intensitas hujan ringan hingga lebat di Jabodetabek -->

Menu Atas

DESKRIPSI GAMBAR
Loading...

BMKG: Diperkirakan intensitas hujan ringan hingga lebat di Jabodetabek

Sunday, 4 October 2020


Curah hujan sedang hingga lebat ini juga akan mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia.


Jakarta- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sepekan ke depan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat akan mengguyur wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). 

Curah hujan sedang hingga lebat ini juga akan mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia.

"Secara umum Jabodetabek dalam sepekan ke depan juga berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan hingg lebat terutama di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Tangerang, Bekasi, Depok dan Bogor," katanya kepada Suara Pembaruan di Jakarta, Minggu (4/10/2020).

Agie menambahkan,hujan akan berpeluang terjadi pada siang hingga malam hari.

Meski hujan sudah mulai sering mengguyur sejumlah wilayah, update prakiraan musim hujan yang telah dikeluarkan oleh BMKG sebelumnya menunjukkan bahwa wilayah Jabodetabek diperkirakan memasuki awal musim hujan pada Desember dasarian I mendatang.

"Periode bulan ini (Oktober) dapat dikatakan bahwa wilayah Jabodetabek berada pada masa peralihan musim atau transisi. Saat ini juga pola cuaca belum menunjukkan karakter monsun Asia," ucapnya.

Begitu pula dengan wilayah Indonesia. Beberapa wilayahnya ada yang sudah memasuki musim hujan sejak Agustus hingga September lalu, seperti sebagian wilayah Sumatera Utara, sebagian Sumatera Barat, sebagian Riau, dan sebagian Kalimantan Tengah.

Sebelumnya BMKG memprakirakan pada periode masuknya musim hujan akan terjadi La Nina. Kondisi ini akan ditandai dengan penambahan curah hujan sebanyak 40%.

Oleh karena itu, perlu diwaspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan puting beliung karena perubahan kondisi lingkungan. Jika musim hujan ditambah muncul La Nina maka curah hujan semakin meningkat.