Wali Kota Bekasi terkait Vaksinasi COVID-19 keluarkan surat edaran -->

Menu Atas

DESKRIPSI GAMBAR
Loading...

Wali Kota Bekasi terkait Vaksinasi COVID-19 keluarkan surat edaran

Thursday, 15 October 2020

 



Terdapat kriteria prioritas masyarakat Kota Bekasi yang akan mendapatkan vaksin terlebih dahulu. Dalam butir satu point B dijelaskan mereka yang masuk skala prioritas ada kelompok rentan.


Bekasi Kota- Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengeluarkan surat edaran nomor: 440/6367/SETDA.TU pada Rabu (14/10). SE itu menjelasakan tentang pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kota Bekasi.

Dalam SE itu terdapat kriteria prioritas masyarakat Kota Bekasi yang akan mendapatkan vaksin terlebih dahulu. Dalam butir satu point B dijelaskan mereka yang masuk skala prioritas ada kelompok rentan berusia 18 sampai 59 tahun.

Selain itu, dalam SE itu dijelaskan mengenai waktu vaksinasi di Kota Bekasi. Belum dijelaskan secara rinci kapan vaksinasi itu dilakukan, akan tetapi diperkirakan sudah dimulai awal 2021.

Kemudian vaksinasi dilakukan secara bertahap dengan mempertimbangkan kajian epidemiologi, ketersediaan vaksin dan sarana pendukung lainnya.

Terkahir, dalam SE itu Pemkot Bekasi juga dijelaskan mengenai standar pelayanan vaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi akan dibagi menjadi dua kelompok yakni kelompok usia produktif berusia 18 sampai 59 tahun dan kelompok penduduk dengan kormorbid berusia 18 sampai 59 tahun.

Pelaksaan vaksinasi kelompok usia produktif berusia 18 sampai 59 tahun dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah baik puskesmas, posyandu maupun RSUD/RSUP yang bekerjasama dengan klinik, klinik kantor/perusahaan, rumah sakit swasta, bidan praktik swasta dan lain-lain. Termasuk pos pelayanan imunisasi di tempat strategis.

Sedangkan vaksinasi kelompok penduduk dengan komorbid berusia 18 sampai 59 tahun yang masih aktif/produktif dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah (puskesmas dan rumah sakit) atau klinik dan rumah sakit swasta.