Panglima TNI: Bupati dan Dinkes Kesehatan Kudus miliki tanggungjawab besar -->

Panglima TNI: Bupati dan Dinkes Kesehatan Kudus miliki tanggungjawab besar

By: M Abdul Rosyid
Monday, 7 June 2021



Panglima TNI dan Kapolri Gelar Rapat Soal Penanganan Covid-19 di Kudus.


Jateng -  Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menggelar rapat terbatas dalam rangka penanganan Covid-19 di Kudus, Jawa Tengah.


Rapat ini dihadiri juga oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Bupati Kudus HM Hartopo, serta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito.


"Pak Bupati beserta dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kudus memiliki tanggung jawab yang besar. Lantaran, saat ini 60 desa di Kudus yang menjadi zona merah agar menjadi hijau kembali. Tentunya, dalam hal ini harus memiliki sistem yang baik. Dandim dan Kapolres juga jajarannya harus membantu Bupati agar terbentuk sistem yang baik guna penanganan Covid-19 di Kudus," ungkap Marsekal TNI Hadi melalui siaran pers resminya, Minggu (6/6/2021).


Panglima TNI Marsekal Hadi melanjutkan, masyarakat Kudus harus meningkatkan kesadaran untuk terus meningkatkan protokol kesehatan usai Kepala Dinas Kesehatan dan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kudus. Panglima TNI juga meminta agar tokoh masyarakat di Kudus membantu dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.


Tak hanya itu, Marsekal Hadi juga turut membahasa terkait penebalan sistem Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro yang telah diterapkan di kabupaten lain di Jawa Tengah. Sehingga Kudus dapat mencontohnya dengan baik.


"Setiap desa harus ada satu posko PPKM mikro, sehingga nantinya zona merah menjadi kuning dan akhirnya menjadi hijau," imbuh Panglima TNI.


"Melalui posko PPKM itu sendiri, Tiap petugas nantinya akan membantu menegakkan protokol kesehatan serta mendata pelaksanaan PCR serta dapat segera melakukan pemisahan atau isolasi jika ada warga yang terkonfirmasi positif," tukas Panglima TNI. (*)