Penampakan kuburan motor seluas 2,5 H ada di Indonesia loh, -->

Berita Utama

Breaking news

News
Loading...

Penampakan kuburan motor seluas 2,5 H ada di Indonesia loh,

Friday, 6 August 2021

Dok. istimewa


Hamparan motor terparkir, juga ada mobil bekas kecelakaan dan tilang berada di lahan penampungan.


Bekasi - Mau tau penampakan Kuburan Motor Seluas 2,5 Hektar Ini Benar-benar Ada di Indonesia Sejak Belasan Tahun Lalu, Begini Kondisinya


Hamparan motor terparkir, juga ada mobil bekas kecelakaan dan tilang berada di lahan penampungan.


Lahan penampungan ini kerap disebut sebagai 'kuburan mobil atau motor' bagi kendaraan yang teronggok di sini oleh warga.


Ratusan kendaraan tersebut, berada di lahan penampungan barang bukti di Satuan Unit Laka Lantas Polres Metro Bekasi, Cikarang Utara, Jawa Barat


Beberapa di antaranya sudah menjadi bangkai dan menyatu dengan rerumputan dan ilalang, akibat tidak ada respon dari pemiliknya.


"Iya, jadi kendaraan tersebut adalah kendaraan hasil tilang dan kecelakaan yang hingga saat ini belum diambil pemiliknya," kata Kasat Lantas Polres Metro Bekasi, AKBP Ojo Ruslani beberapa waktu lalu.


Ojo juga menambahkan, tempat penampungan atau kuburan motor bekas kecelakaan dan hasil tilang ini sudah ada sejak 2004 yang silam.


Yakni, mulai dari motor sport seperti Kawaski Ninja 250 hingga bebek jadul seperti Honda Astra Grand.


Motor-motor yang menumpuk di kuburan Wangun Harja ini dikarenakan tidak diambil oleh pemiliknya dengan berbagai alasan.


Sebagai informasi, kuburan motor Wangun Harja ini memiliki luas 2.500 meter persegi di bawah pengawasan Polres Metro Bekasi Kabupaten.


Kebanyakan motor yang ditumpuk merupakan hasil sitaan Kepolisian Polres Metro Bekasi Kota yang sudah ada sejak tahun 1990-an.


Kendaraan tersebut baru bisa diambil, setelah pelanggar mengurus perkara sesuai dengan prosedur.


"Kendaraan bisa diambil tanpa dipungut biaya, asalkan sudah menyelesaikan perkaranya di pengadilan dengan mengikuti prosedur yang ada," ujar Ojo lagi.


"Kalau untuk kendaraan hasil kecelakaan biasanya kami limpahkan ke unit laka Wangun Harja, karena kalau di sini (Polres) takut terlihat berantakan," ucapnya.


Kuburan motor Wangun Harja ini kondisinya bisa dibilang lebih menyeramkan dibandingkan dengan yang ada di Teluk Pucung, Bekasi, Jawa Barat.


Namun, kendaraan yang ada di Wangun Harja ini masih terlihat lebih rapih dan tertata, walaupun sebagian lainnya sudah hancur beserakan.


Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, sebagian besar kondisi motor yang sudah ada selama puluhan tahun ini memang cukup mengenaskan.


Sekujur bodi motor mengalami kerusakan parah hingga nyaris tak berbentuk, meski lampu utama dan rem masih terpasang. Begitu juga dengan komponen motor, seperti knalpot dan swing arm sudah dipenuhi dengan karat. (rs/om)