Polisi Tangkap Pelaku Peretas Situs Setkab -->

Berita Utama

Breaking news

News
Loading...

Polisi Tangkap Pelaku Peretas Situs Setkab

Sunday, 8 August 2021


Bareskrim Polri Tangkap Pelaku  Peretas Situs Setkab.


Jakarta - Bareskrim Polri menangkap pelaku yang meretas situs Sekretariat Kebinet (Setkab) RI, setkab.go.id. Diketahui, website pemerintah itu dilaporkan diretas pada Sabtu (31/7/2021) lalu.


Kabar penangkapan tersebut dibenarkan oleh Kabaresktim Komjen Pol Agus Andrianto. Menurut Kabareskrim, pelaku yang mengaku sebagai Zyy ft Lutfifake Padang Blackhat ditangkap pada Jumat (7/8/2021).


"Sudah ditangkap, kemarin," ucap Komjen Pol Agus Andrianto kepada wartawan, Sabtu (7/8/2021).


Namun, Komjen Pol Agus belum menjelaskan lebih lanjut terkait kronologi penangkapan peretas itu. Komjen Pol Agus hanya menyampaikan, Dirtipidsiber Bareskrim Polri akan merilis kasus ini pada Senin (9/8/2021) besok.


"Senin nanti saya minta Dirtipidsiber untuk ekspose," ujar Kabareskrim.


Sebagai informasi, sebelumnya website Sekretariat Kabinet yang beralamat www.setkab.go.id diretas pagi tadi. Situs itu kemudian menampilkan foto Lutfi 'pembawa bendera'.


Atas peretasan tersebut, Setkab kemudian men-takedown atau menonaktifkan sementara situs tersebut untuk dilakukan perbaikan. Kini, situs tersebut dapat diakses kembali dan dapat dibuka dengan normal.


Adapun peretas situs Sekretariat Kabinet menyebut dirinya dengan sebutan Padang Blackhat. Kendati demikian, belum diketahui secara pasti siapa sosok dibalik sebutan tersebut. (rs/*)