Koneksi Internet tercepat dan terluas di Indonesia, perbandingannya menarik -->

Berita Utama

Breaking news

News
Loading...

Koneksi Internet tercepat dan terluas di Indonesia, perbandingannya menarik

Monday, 6 September 2021

 

Dok. ilustrasi. Laporan Speedtes (ist)


Dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, ternyata ada empat provinsi yang memiliki median (nilai tengah) kecepatan download lebih dari 19 Mbps dan median kecepatan upload lebih dari 12,5 Mbps.


Jakarta - Di era yang serba online ini, koneksi internet seluler sudah menjadi hal utama bagi pengguna. Salah satu aspek penting dari internet seluler ialah kecepatan unduh (download) dan unggah (upload).


Dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, ternyata ada empat provinsi yang memiliki median (nilai tengah) kecepatan download lebih dari 19 Mbps dan median kecepatan upload lebih dari 12,5 Mbps.


Menariknya, empat provinsi dengan kecepatan download dan upload terkencang di Indonesia itu seluruhnya terletak di luar Pulau Jawa.


Setidaknya begitulah hasil analisis kinerja jaringan seluler di Indonesia, periode kuartal I dan II-2021 dari Speedtest, aplikasi pengukur kecepatan internet milik perusahaan Ookla.


Dalam laporan ini, Speedtest menganalisis kecepatan download dan upload, serta ketersediaan jaringan 4G dari lima operator seluler yang ada di Indonesia, yaitu Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooreedoo, Tri (3), dan Smartfren.


Secara keseluruhan, ternyata ada empat provinsi yang memiliki median kecepatan download paling ngebut hingga 19 Mbps. Adapun empat provinsi tersebut adalah:


Papua Barat (20,14 Mbps)

Bali (19,68 Mbps)

Maluku (19,43 Mbps)

Gorontalo (19,32 Mbps)


Selama kuartal II-2021, Speedtest tidak melihat ada provinsi yang secara statistik memiliki kecepatan download yang sangat lambat.


Namun, memang ada empat provinsi yang mempunyai median kecepatan unduhan kurang dari 11 Mbps, yaitu Jambi (9,20 Mbps), 

Lampung (9,29 Mbps), 

Kalimantan Tengah (9,90 Mbps), dan Sumatra Barat (10,64 Mbps).


Peta persebaran median kecepatan download dan upload di Indonesia.


Sedangkan untuk kecepatan upload, Speedtest melaporkan mayoritas atau 23 provinsi di Indonesia memiliki median kecepatan upload lebih dari 7,5 Mbps.


Namun dari 23 provinsi tersebut, empat provinsi di antaranya ternyata memiliki median kecepatan upload melebihi 12,5 Mbps. Empat provinsi tersebut adalah:


Papua Barat (12,97 Mbps)


Nusa Tenggara Timur (12,89 Mbps)


Kepulauan Bangka Belitung (12,84 Mbps)


Bali (12,55 Mbps)


Sementara itu, provinsi Sumatra Barat, Jawa Tengah, dan Maluku Utara memiliki median kecepatan upload di bawah kebanyak provinsi, yaitu secara berturut-turut 6,92 Mbps, 7,34 Mbps, dan 7,36 Mbps.


Telkomsel tercepat, Smartfren terluas

Bila dilihat berdasarkan kinerja tiap-tiap operator seluler, Telkomsel dinobatkan sebagai operator seluler dengan kecepatan download dan upload paling ngebut di Indonesia.


Berdasarkan laporan Speedtest, Telkomsel memiliki median kecepatan download 15,64 Mbps dan kecepatan upload 10,55 Mbps.Angka ini lebih tinggi dari empat operator seluler lainnya yang ada di Indonesia.


Laporan Speedtest untuk kecepatan download dan upload, serta ketersediaan jaringan 4G dari lima operator seluler di Indonesia.


Sementara, Smartfren menjadi operator seluler dengan ketersediaan (availability) jaringan 4G terluas di Tanah Air, yakni mencapai 94,5 persen.


Angka ketersediaan 4G Smartfren itu lebih tinggi dibandingkan empat operator seluler lainnya, yakni Indosat (90,9 persen), Tri (89,2 persen), XL Axiata (87,8 persen), dan Telkomsel (87,3 persen).


Secara keseluruhan, availability jaringan 4G LTE di Indonesia sudah mencapai 89,2 persen.


Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs Speedtest, Senin (6/9/2021), laporan kinerja jaringan seluler di Indonesia kuartal I dan II-2021 didapatkan dari hasil analisis Speedtest Intelligence.


Di mana dari layanan tersebut ada jutaan pengujian kecepatan internet yang dilakukan oleh konsumen sendiri setiap harinya, melalui aplikasi Speedtest. (rs/km)