Selalu ramai dikunjungi peziarah petilasan Prabu Siliwangi di Majalengka -->

Berita Utama

Breaking news

News
Loading...

Selalu ramai dikunjungi peziarah petilasan Prabu Siliwangi di Majalengka

Friday, 10 September 2021

Dok. istimewa


Petilasan yang berada di Objek Wisata Prabu Siliwangi di Desa Pajajar, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat (11/9).


Majalengka - Siapa yang tak mengenal sosok Prabu Dewataprana Sri Baduga Maharaja atau dikenal dengan nama Prabu Siliwangi. Ia merupakan sosok pemimpin Kerjaan Padjadjaran sekitar tahun 1482 hingga 1521 masehi silam.

Namanya yang begitu besar membuat segala sesuatu yang berkaitan dengan Prabu Siliwangi bakal diburu oleh banyak orang, termasuk petilasan atau tempat peristirahatannya.

Seperti petilasan yang berada di Objek Wisata Prabu Siliwangi di Desa Pajajar, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Petilasan Prabu Siliwangi ini selalu ramai didatangi banyak orang yang berasal dari berbagai daerah. Mereka yang datang ke sini biasanya berkunjung untuk berziarah dan melihat secara langsung tempat istirahat Prabu Siliwangi.

Rozali juru kunci Petilasan Prabu Siliwangi menjelaskan petilasan tersebut dibangun oleh Ciung Wanara untuk dijadikan tempat peristirahatan sang Raja Padjadjaran.

"Di lereng Gunung Ciremai sebelah utara dibangun hutan tutupan dan pondok sebagai tempat nepi tapabrata dan peristirahatan raja oleh Ciung Wanara yang diberi nama Pasanggrahan Prabu Siliwangi," kata Rozali, Kamis (9/9/2021).

Konon katanya, lokasi ini juga merupakan tempat menghilangnya Prabu Siliwangi yang hingga saat ini tidak ada yang tahu di mana lokasi persis Prabu Siliwangi dimakamkan.

Selain petilasan, kata Rozali, di sekitar lokasi juga terdapat dua mata air yang konon airnya tidak pernah berhenti mengalir. Dua mata air itu ialah Sanghyang Talaga Pancuran dan Sanghyang Talaga Emas.

"Dilengkapi juga dengan pemandian yang airnya keluar dari perut bumi terus menerus mengalir tanpa henti diberi nama mata air Sanghyang Talaga Pancuran dan Sanghyang Talaga Emas," ucapnya.

Meski lokasi petilasan Prabu Siliwangi ini memiliki kesan mistis namun udara sejuk khas pegunungan sangat terasa saat berada di Objek Wisata Prabu Siliwangi ini. Itu karena di lokasi ini juga terdapat hutan lindung seluas kurang lebih 3 hektare.

Kemudian ada juga dua situ yakni Situ Cipadung dan Situ Cikahuripan yang semakin membuat kawasan ini terasa sejuk saat dikunjungi.

Untuk bisa menuju lokasi Objek Wisata Prabu Siliwangi, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat dengan jarak 21 kilometer dari pusat Kota Majalengka.

Sementara untuk harga tiket masuknya, pengunjung dikenakan biaya Rp 15 ribu untuk orang dewasa dan Rp 10 ribu untuk anak-anak. (dw/ana)