PT Piaggio Indonesia dirikan pabrik di kawasan Jababeka Cikarang -->

Breaking news

News
Loading...

PT Piaggio Indonesia dirikan pabrik di kawasan Jababeka Cikarang

Tuesday, 9 November 2021

Indonesia menjadi negara keempat setelah Piaggio juga memiliki fasilitas produksi di Italia, Vietnam, dan India, dok. istimewa (9/11).


Jakarta - PT Piaggio Indonesia akhirnya mendirikan fasilitas perakitan di kawasan Jababeka, Cikarang, Jawa Barat. Belum banyak informasi yang diungkapkan Marco Noto La Diega, Managing Director & Country CEO Piaggio. Dia memastikan ini merupakan langkah baru Piaggio sebagai komitmen brand asal Italia ini di Indonesia.


"Kehadiran Vespa di indonesia bisa dilihat sejak 1950-an. Lewat sejarah panjang di Indonesia, saya percaya Indonesia memiliki jumlah penggemar Vespa terbesar kedua setelah Italia. Ini menegaskan bahwa Italia dan Indonesia punya passion yang sama. Saya menemukan kecintaan yang besar di Indonesia terhadap Vespa sama seperti di Italia," kata Marco saat memberikan sambutan, Selasa (9/11).


"Pada tahap pertama, merek ikonik kami, Vespa akan menjadi produk fokus dari kegiatan operasional di fasilitas ini. Vespa pertama dari dan untuk Indonesia akan diluncurkan pada akhir tahun 2022," kata Marco.


Sebagai informasi, Indonesia menjadi negara keempat setelah Piaggio juga memiliki fasilitas produksi di Italia, Vietnam, dan India. Marco Noto La Diega, Managing Director & Country CEO Piaggio menjelaskan bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa pabrik pertama Piaggio di Indonesia untuk berkembang lebih besar.


"Ini adalah awal bab kami yang baru, di mana memperlihatkan komitmen kami bagi Indonesia dan nantinya akan terus diperluas. Harapan saya adalah proyek ini akan memperkuat hubungan yang sudah kuat antara Indonesia dan Italia. Saya harap bisa merasakan antusiasme yang sama dengan saya atas proyek ini," terang Marco.


Di Indonesia, merek motor Vespa lekat dengan motor premium. Untuk memilikinya, saat ini harus mengeluarkan dana sekitar Rp 38,7 juta (OTR Jadetabek) untuk varian paling termurah yakni LX-125 I-Get.


Selain LX 125 I-Get, Piaggio sudah dari tahun 2011 bermain di Tanah Air, pabrikan asal Italia ini memiliki produk andalan untuk tembus di pasar nasional. Dua produk andalannya tersebut adalah Vespa Primavera dan Vespa Sprint. Belum diketahui model mana yang bakal dirakit secara lokal.


Namun Menteri Perindustrian Agus berharap Piaggio bisa meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).


"Saya kira nanti kalau Vespa atau Piaggio sudah bisa meningkatkan nilai TKDN di atas 40 - 50 persen, saya bisa wajibkan agar pemerintah kabupaten Bekasi membeli Piaggio untuk kegiatan operasionalnya. Intinya TKDN harus di atas 50 persen. Itu gampang dan mudah untuk sepeda motor, karena memang rata-rata sepeda motor yang sudah diproduksi di Indonesia 70 - 80 persen," ucap Agus dalam kesempatan yang sama. (dw/*)