Polres Loteng, Bhabinkamtibmas jadi Garda terdepan pencegahan penyebaran wabah Covid-19 -->

BABE

Polres Loteng, Bhabinkamtibmas jadi Garda terdepan pencegahan penyebaran wabah Covid-19

By: PAWARTA tv
Tuesday, 2 February 2021


Polisi Jadi Pemulung, Demi Wujudkan Lingkungan Bersih, Asri dan Sehat.


Praya - Upaya Polres Lombok Tengah dalam memutus mata rantai Covid-19 tak lepas dari peran Bhabinkamtibmas yang menjadi garda terdepan dalam pencegahan penyebaran wabah tersebut. 


Tidak hanya menjalankan tugas pokok sebagai polisi masyarakat dan pembina keamanan dan ketertiban di kelurahan tempatnya bertugas, Bhabinkamtibmas juga berdedikasi dalam berbagai bentuk kegiatan sosial kepada masyarakat atau warga binaannya. 


Brigadir Polisi Lalu Multasa Marjan, anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Gerantung Polsek Praya Tengah, Polres Lombok Tengah misalnya. Dia rela menjadi pemulung di kelurahan binaannya untuk mewujudkan lingkungan yang Bersih, Asri dan Sehat. 


"Saat turun sambang desa, saya sering ketemu warga yang kurang peduli terhadap lingkungan sekitar. Apa lagi saat ini masih suasana pandemi Covid-19," kata Marjan dalam keterangannya, Selasa (2/2/21).


Tidak hanya itu, saat berkunjung ke rumah warga dia juga sering mendengar selentingan beberapa warga bahwa kehadirannya hanya dianggap sebagai petugas untuk menangkap seseorang di kelurahan binaanya. 


Multasa Marjan merasa terpanggil untuk menjadi pemulung, agar dia bisa dekat dengan masyarakat dan menciptakan lingkungan yang Bersih, Asri dan Sehat. 


"Selain untuk itu, nanti hasil mulung bisa dijual dan uangnya kita sumbangkan untuk pembangunan masjid dan musholla yang ada," ujarnya.


Setiap mulung Mulatasa Marjan tidak melakukannya sendiri, dia melakukannya berdua bersama Bhabinsa yaitu Sertu Husni Tamrin setiap kali mulung ke kelurahan binaanya. Disampaikannya bahwa itu sebagai wujud sinergitas TNI-Polri. 


Ternyata Brigpol Lalu Multasa Marjan merupakan Salah satu Bhabinkamtibmas yang memilili segudang prestasi. Sebelum menjadi Bhabinkamtibmas Kelurahan Gerantung Kecamatan Praya Tengah, Brigpol Lalu Mulatasa Marjan pernah meraih juara 10 sebagai Bhabinkamtibmas terbaik, kategori Kapolri Cup yang diikuti 34 Polda seluruh Indonesia pada tahun 2019 saat bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Desa Marong Praya Timur. 


Tidak hanya itu, tahun 2016 saat bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Desa Kawo, Multasa Marjan juga menyabet juar 3 katagori Kompolnas Award yang diikuti 11 Polda di Indonesia. (*)