Pernah mengalami saat dengar lagu merinding bahkan menangis? -->

Breaking news

News
Loading...

Pernah mengalami saat dengar lagu merinding bahkan menangis?

Thursday, 22 July 2021

Dok. ilustrasi (ist)


Untuk memahami fenomena ini, dan para peneliti menemukan bahwa itu ada hubungannya dengan struktur otak.


Jakarta - Menonton konser musik dari penyanyi favorit atau pun mendengar sebuah lagu yang indah memang membawa perasaan tersendiri. Terkadang tiba-tiba kita merasa merinding karena keindahan harmonisasi dari musik yang kita dengar tersebut. 


Mengapa ini terjadi pada beberapa orang saja dan tidak pada semuanya?


Mengutip The Healthy, sebuah studi Akademik Oxford berusaha untuk memahami fenomena ini, dan para peneliti menemukan bahwa itu ada hubungannya dengan struktur otak.


Jika lagu yang bagus membuat kita merinding, kemungkinan karena korteks pendengaran otak (yang memproses informasi yang didengar) dan pusat pemrosesan emosi otak kita memiliki lebih banyak serat yang menghubungkannya daripada rata-rata orang lainnya.


Ini artinya, otak kita mampu menjangkau emosi yang lebih luas dan lebih intens daripada orang lain.


Meskipun penelitian ini masih dalam tahap awal, Matthew Sachs yang merupakan penulis studi ini berpikir informasi ini dapat dimanfaatkan dengan baik.


Dia berharap bahwa "pengungkapan" ini dapat berdampak pada pengobatan gangguan depresi, dan musik dapat membantu mengobati orang dengan depresi atau, paling tidak, membantu mereka mengakses perasaan positif dengan lebih baik.


Seperti yang diketahui, sains telah membuktikan bahwa musik dapat secara instan membuat kita lebih bahagia.


Jadi, reaksi fisik kita terhadap lagu Adele yang menyayat hati berarti bahwa lagu tersebut sangat selaras dengan emosi kita. (ine/km)