Hiu Tutul terdampar lagi, di pantai Pangandaran sebelumnya di Parigi -->

Breaking news

News
Loading...

Hiu Tutul terdampar lagi, di pantai Pangandaran sebelumnya di Parigi

Friday, 27 August 2021

Dok. istimewa.


Beruntung hiu berukuran sekitar 7 meter ini berhasil diselamatkan. Warga setempat bahu membahu mengevakuasi mamalia ini kembali ke laut.


Pangandaran - Peristiwa hiu tutul terdampar terjadi kembali di Pangandaran. Kini, pada Sabtu (28/8/2021) pagi, seekor hiu tutul ditemukan terdampar di Pantai Madasari, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran.


Beruntung hiu berukuran sekitar 7 meter ini berhasil diselamatkan. Warga setempat bahu membahu mengevakuasi mamalia ini kembali ke laut.


"Bisa diselamatkan, karena posisinya belum terlalu ke daratan," kata Masduki warga Desa Legokjawa Kecamatan Cimerak.


Satwa yang juga dikenal dengan sebutan hiu paus itu diselamatkan dengan cara didorong beramai-ramai ke tengah laut. "Warga yang asalnya menonton, diminta untuk ikut mendorong," ucap Masduki.


Agar efektif mendorong ikan dilakukan ketika ombak datang, sehingga tidak terlalu berat mengingat bobot ikan yang ditaksir mencapai ribuan kilogram. "Sedikit-sedikit didorong, datang ombak baru didorong. Akhirnya bisa," ujar Masduki.


Sehari sebelumnya atau Jumat (27/8/2021), ikan serupa juga ditemukan terdampar di pantai wilayah Dusun Budiasih, Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Ikan berukuran panjang sekitar lima meter itu terdampar dalam keadaan mati.


Lokasi tempat ditemukan ikan tersebut merupakan kawasan pantai yang sepi atau jarang dilewati nelayan sehingga ketika terdampar tak ada yang menolong. Temuan bangkai ikan hiu tutul tersebut menjadi tontonan warga. Warga terutama anak-anak yang penasaran dengan wujud ikan besar itu tampak antusias mengamati.


Catatan detikcom, kurun waktu Juli dan Agustus 2021 ini ditemukan empat ekor hiu terdampar. Pertama terjadi pada Selasa (6/7) di Pantai Batukaras Cijulang, ikan berhasil diselamatkan. Kedua pada Jumat (13/8) di Pantai Timur Pangandaran, berhasil diselamatkan.


Ketiga Jumat (27/8) di Pantai Budiasih Parigi, ikannya mati. Keempat pada Sabtu (28/8) di Pantai Madasari Cimerak, ikan berhasil diselamatkan. (dw/dn)