Pemkab Pangandaran razia kafe, bar dan restoran di jelang tahun baru 2022 -->

Breaking news

News
Loading...

Pemkab Pangandaran razia kafe, bar dan restoran di jelang tahun baru 2022

Pengunjung diminta membuktikan dirinya sudah divaksinasi dengan memperlihatkan kartu vaksinasi atau menunjukkan aplikasi PeduliLindungi, (01/01).


Pangandaran - Pemkab Pangandaran melancarkan patroli dan razia ke sejumlah kafe, bar dan restoran di kawasan Kampung Turis Pamugaran, Pantai Pangandaran, Jumat (31/12/2021) malam.


Razia dipimpin langsung oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata didampingi Kapolres Ciamis AKBP Wahyu Broto Narsono Adi, Dandim 0613 Ciamis Letkol Dadan Ramdani serta pejabat lainnya. Rombongan forum pimpinan daerah ini melakukan pemeriksaan penerapan Prokes dan pemeriksaan kartu vaksinasi.


Kedatangan petugas ini sontak mengagetkan pengunjung kafe yang tengah larut dalam sukacita malam pergantian tahun. Dentuman musik yang sebelumnya diputar kencang mendadak dihentikan sementara.


Pengunjung diminta membuktikan dirinya sudah divaksinasi dengan memperlihatkan kartu vaksinasi atau menunjukkan aplikasi PeduliLindungi. Mayoritas dapat menunjukkan bukti vaksinasi, sementara segelintir lainnya tidak dapat membuktikan dengan berbagai alasan.


Polisi memberikan teguran dan melakukan pendataan. Mereka dianjurkan menjalani vaksinasi gerai yang telah disediakan, besok pagi.


"Ya kami melakukan pemantauan implementasi instruksi Mendagri tentang aturan di malam tahun baru," kata Jeje.


Menurut dia, sejauh ini pelaksanaan berjalan baik, meski ada wisatawan yang tidak bisa menunjukkan bukti vaksinasinya. "Ada satu dua yang tidak bisa menunjukkan bukti vaksinasi tapi mayoritas sudah," ucap Jeje.


Sementara itu terkait jumlah wisatawan, Jeje mengklaim masih di bawah batas maksimal. "Kapasitas objek wisata Pangandaran maksimal 75 persen itu dia angka 80 ribu wisatawan. Jumlah wisatawan yang tercatat di ticketing kurang dari 30 ribu. Jadi masih longgar, tidak padat," ujarnya.


Sebelum melakukan razia, rombongan juga melakukan patroli dengan sepeda motor. "Arus lalu lintas juga relatif lancar tidak sampai macet, bahkan di beberapa titik seperti pantai timur lengang," kata Jeje. (dw/*)