Wow! berpenghasilan 25 juta per hari, H. Endang sukses bangun jembatan perahu di Karawang -->

Breaking news

News
Loading...

Wow! berpenghasilan 25 juta per hari, H. Endang sukses bangun jembatan perahu di Karawang


Perahu eretan yang menghubungkan Desa Anggadita dengan Desa Parung Mulya di Karawang, Jawa Barat,  dok.ist (25/12).


Karawang - Mendapat pemasukan lewat jembatan perahu sampai dengan Rp 25 juta per hari terkesan mudah. Tapi pembangunan jembatan perahu viral di Karawang milik H. Endang ini butuh waktu panjang dan biaya yang tidak murah.


"Saya pertama bikin 2010, pake perahu kayu dieret. Tujuannya bantu-bantu warga nyeberang," tutur H. Endang dalam program Viral di detikcom.


Perahu eretan yang menghubungkan Desa Anggadita dengan Desa Parung Mulya di Karawang, Jawa Barat, itu ternyata diminati orang. H. Endang pun menambah perahunya menjadi dua.


Seiring perjalanan waktu, H. Endang memutar otaknya untuk memenuhi tuntutan pengguna perahu eretannya yang semakin bertambah. Maklum saja, jalur alternatif ini menghemat waktu perjalanan sampai 20 menit.


"Secara otodidak timbul ide sendiri dengan perahu dijejerin," tutur H. Endang yang tidak lulus SMP ini.


Karena punya kenalan yang bekerja di bank, H. Endang pun meminjam uang untuk mewujudkan rencananya dengan jaminan sertipikat tanah. Namun perahu kayu yang dijadikan landasan pelat besi ternyata punya kendala jika sampah eceng gondok lewat.


"Pernah beberapa kali kejadian sampai perahu terbawa arus. Karena pada saat itu kan perahu kayu cuma pakai baut. Akhirnya bautnya lepas," kenang H. Endang.


H. Endang pun meminjam uang ke bank untuk kedua kalinya ke bank untuk mengganti perahunya ke besi sampai saat ini. Dia dibantu 40 orang karyawannya untuk menjaga operasional jembatan perahu miliknya. (dw/*)